Dibekali Toyota Safety Sense All New Veloz Makin Aman Dan Nyaman

Dibekali Toyota Safety Sense All New Veloz Makin Aman Dan Nyaman

Otomotif | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 13:42
share

Toyota mengajak jurnalis nasional untuk mencoba langsung keandalan teknologi canggih active safety features Toyota Safety Sense (TSS) dan teknologi berbasis telematika T Intouch dalam acara media experience bertajuk SAFE JAKARTA, Rabu (29/6).

Di acara yang mengusung tagline Taste The Advanced Technology Experience ini, jurnalis dapat menguji dan mengeksplor cara kerja dan manfaat dari kedua teknologi tersebut menggunakan All New Veloz.

Rakyat Merdeka menjadi salah satu jurnalis yang ikut cara tersebut. Selain Rakyat Merdeka, ada 17 jurnalis media nasional yang ikut acara tersebut. Toyota menggelar acara ini selama 3 hari dari Selasa-Rabu (28-30/6). Rakyat Merdeka m asuk kelompok hari kedua; Rabu (29/6).

Acara dimulai dari Djournal Coffee Blok M, Jakarta. Di sini jurnalis diberikan pengarahan dan pembagian kelompok. Rakyat Merdeka satu kelompok dengan jurnalis Koran Sindo, Anton dan Investor Daily, Aris. Para jurnalis ditantang untuk menggunakan teknologi keamanan canggih yang dimiliki Toyota Veloz.

Salah satu tantangan pertama adalah mencari Veloz yang akan digunakan masing-masing tim menggunakan fitur Find My Car dengan melalui aplikasi mToyota di handphone yang sudah disiapkan panitia. Setelah dicek di handphone, ternyata mobilnya di parkir di pusat perbelanjaan Ratu Plaza.

Nah, untuk mencapai lokasi mobil, para jurnalis diberikan e-money untuk naik MRT dari Blok M ke Ratu Plaza. Keluar dari stasiun, fitur Find My Car membawa kami menuju tempat lokasi parkir mobil. Ternyata posisinya ada di parkiran depan Ratu Plaza.

Ini fitur sangat bermanfaat nih buat yang suka lupa parkir dan mengantisipasi jika mobil curi, ujar Aris.

Setelah berhasil menemukan mobil yang akan dipakai, para jurnalis harus menyelesaikan tantangan kedua. Apa tantangannya? jurnalis disuruh scan barcode yang ditampilkan oleh Rear Seat Entertainment Veloz. Setelah di scan ternyata tujuan selanjutnya adalah ke Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia yang ada di Pantai Indah Kapuk (PIK).

Tanpa basa-basi, kami langsung tancap gas. Yang jadi sopirnya adalah Aris. Sepanjang perjalanan kami mencoba teknologi Toyota Safety Sense (TSS) pada Veloz yang membuat berkendara jadi aman.

Fitur yang dicoba adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention. Fitur Lane Departure Warning memberikan alarm peringatan kepada pengemudi Veloz jika berpindah lajur secara tidak sengaja. Sedangkan fitur Lane Departure Prevention akan membantu memberikan koreksi terhadap kemudi jika pengemudi belum juga mengubah arah setelah warning diberikan oleh sistem. Fitur ini akan aktif saat Veloz melaju di atas kecepatan 60 km/jam.

Selama perjalanan ke PIK, kami juga mencoba fitur Rear Cross Traffic Alert yang menampilkan posisi mobil pada monitor mobil untuk memantau kondisi sekitar. Selain itu ada fitur Blind Spot Monitor untuk mengetahui ada mobil di sebelah kiri atau kanan.

Sesampainya di Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia, kami hanya foto-foto karena waktu sudah menunjukan pukul 12 siang. Setelah itu, kami melanjutkan ke tujuan selanjutnya: Rumah Makan Pagi Sore PIK. Selain makan Isoma, para jurnalis melakukan diskusi dengan para pengguna Veloz.

Tepat pukul 2 siang, kami pun menuju tempat selanjutnya. Seperti biasa, peserta harus scan barcore dulu Rear Seat Entertainment Veloz untuk mengetahui tujuan selanjutnya. Ternyata tujuan selanjutnya adalah Cibis yang ada di Cilandak. Kali ini, Rakyat Merdeka yang membawa mobilnya.

Perjalanan ke Cilandak lewat jalan tol lingkar luar. Kondisi jalannya sangat macet dan rapat. Namun, dengan semua teknologi yang dimiliki Veloz jadi tidak takut lagi karena teknologi keamanan yang ada di T Intouch.

Toyota membekali Veloz fitur Android Auto agar pengemudi bisa mendengarkan musik kesukaan dan karaoke. Fitur ini bagian dari Advanced Smartphone Connectivity.

Sebelum sampai tujuan, para jurnalis menerima notifikasi Geofencing yang merupakan bagian dari teknologi T Intouch, di aplikasi mToyota. Teknologi Geofencing sendiri dapat dimanfaatkan untuk memantau obyek bergerak seperti kendaraan dengan menggunakan GPS dan memberikan peringatan ketika kendaraan berada di luar zona yang telah ditetapkan.

Di Cibis, para jurnalis ditantang mencoba keandalan fitur Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking . Fitur ini dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan. Para jurnalis juga mencoba fitur Pedal Missoperation Control yang membantu mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas.

Fitur ini beroperasi ketika pedal gas diinjak dalam-dalam padahal tidak ada kebutuhan untuk itu, dengan cara mengurangi distribusi tenaga mesin sehingga mobil tetap dapat dikendalikan dengan aman. Setelah itu, jurnalis dapat mencoba Front Departure Alert yang akan memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan telah bergerak menjauh seperti pada saat beranjak dari lampu merah.

Selain mengetes fitur-fitur yang menjadi bagian dari TSS, di lokasi special track jurnalis diberikan challenge parkir mundur Veloz tanpa boleh melihat kaca spion dan hanya mengandalkan All Round View Monitor sebagai alat bantu parkir yang mudah dan aman berkat bantuan pandangan sekeliling mobil yang luas dan jelas.

Fitur keselamatan canggih lainnya seperti Rear Crossing Traffic Alert yang melakukan pendeteksian kendaraan lain di belakang untuk kemudian memberikan peringatan kepada pengemudi ketika mundur juga dapat diuji oleh jurnalis. Termasuk fitur Blind Spot Monitor (BSM) yang memberikan peringatan kepada pengemudi ketika ada kendaraan berada di area blind spot untuk membantu menentukan arah manuver kendaraan.

Setelah puas mencoba teknologi itu semua, para jurnalis pun diajak ke tempat terakhir. Yaitu rumah makan yang ada Jl Wijaya. Di sana para jurnalis berbincang dengan Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Dalam kesempatan itu, Anton mengatakan, Toyota Safety Sense (TSS) dan T Intouch merupakah dua teknologi canggih yang menjadi wujud dari komitmen Toyota dalam menghadirkan mobilitas yang aman, mudah dan nyaman. Untuk itu, pihaknya terus melengkapi model-model baru dengan kedua teknologi ini. Tidak hanya pada model premium saja, namun juga model yang diminati banyak orang seperti Veloz yang juga dilengkapi dengan beragam teknologi dan fitur canggih, termasuk TSS dan T Intouch dalam satu paket lengkap.

Melalui All New Veloz, kami harap akan lebih banyak lagi pelanggan yang mendapatkan benefit dari kedua teknologi, tukas Anton.

Topik Menarik