Cegah Mobil Bermasalah di Jalan, Perhatikan 7 Hal Penting Ini Sebelum Mudik Lebaran

Cegah Mobil Bermasalah di Jalan, Perhatikan 7 Hal Penting Ini Sebelum Mudik Lebaran

Otomotif | inews | Rabu, 27 Maret 2024 - 10:53
share

JAKARTA, iNews.id - Macet menjadi sesuatu yang biasa saat mudik Lebaran. Penyebabnya mulai dari jumlah pemudik yang melonjak, aturan buka-tutup jalan hingga ada kendaraan yang mogok di jalan.

Selain menguras waktu dan tenaga, kondisi tersebut juga dapat berpengaruh pada kinerja kendaraan. Mesin mobil jadi lebih cepat panas dan konsumsi bahan bakar lebih tinggi.

Bagaimana agar mobil yang akan digunakan mudik Lebaran aman dan nyaman, serta tidak bermasalah di jalan? Dalam keterangan persnya, Daihatsu membagikan tujuh tips penting dalam perawatan mobil sebelum dipakai mudik, sebagai berikut.

1. Ganti Oli

Pelumas atau oli menjadi komponen penting dalam mesin. Periksa dan ganti oli sebelum mudik, mulai dari oli mesin, oli gardan, oli rem, oli power steering, dan lainnya. Pastikan pilih oli terbaik sesuai dengan spesifikasi mesin.

2. Cek Kondisi Ban

Sebagai penggerak utama mobil, kondisi ban wajib diperhatikan secara berkala. Selain mengukur tekanan ban, spooring dan balancing sangat penting dilakukan untuk menyeimbangkan kembali sudut-sudut roda supaya bisa berputar dengan seimbang. Terlebih, komponen penting ini memiliki peran besar dalam keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

3. Cek Rem

Periksa Komponen rem, Pastikan dalam keadaan baik, mulai dari kualitas minyak (oli) rem, kondisi kampas rem, dan piston rem.

4. Ganti Air Radiator

Air radiator berfungsi meredam panas pada dinding silinder ketika terjadi pembakaran dari kerja mesin. Sebab itu, mobil berkompresi tinggi diimbau untuk menggunakan air radiator khusus agar kinerja pendingin mesin lebih optimal dan mampu mencegah karat pada sela mesin.

5. Cek Aki dan Sistem Kelistrikan

Aki mobil adalah sumber daya utama kelistrikan pada mobil. Aki yang bagus akan menjaga kinerja lampu, audio, dan mesin berjalan doptimal. Sebaliknya, aki yang jarang dirawat atau bahkan tidak pernah di cek dalam jangka waktu lama, dapat menyebabkan kinerja kurang maksimal atau mogok pada saat kendaraan akan digunakan.

6. Lampu dan Wiper

Komponen ini dapat dirawat melalui servis rutin sebelum mudik. Jika karet wiper fungsinya tidak bekerja dengan baik, segera lakukan pergantian dengan yang baru agar dapat menyapu air dengan baik dan menjaga visibilitas ketika berkendara saat hujan.

7. Servis AC

Mobil dengan suhu yang dingin dan sejuk memberikan kenyamanan selama perjalanan. Lakukan pengecekan filter pendingin pada AC, termasuk pembersihan kondensor dan evaporator agar kinerja AC tetap optimal.

Itulah tujuh hal penting harus diperhatikan sebelum mobil digunakan mudik Lebaran. Diharapkan perjalanan bersama keluarga aman dan nyaman tanpa ada kendala di jalan.

Topik Menarik