Penuhi TKDN, Hino Tingkatkan Komponen Lokal 13 Bus dan Truk 

Penuhi TKDN, Hino Tingkatkan Komponen Lokal 13 Bus dan Truk 

Otomotif | inews | Rabu, 27 Maret 2024 - 09:30
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah terus mendorong produsen otomotif untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada jajaran kendaraan yang mereka produksi. Langkah ini dilakukan agar penyerapan tenaga kerja dan ekonomi dapat tumbuh secara optimal. 

Kira-kira pabrikan mana yang telah memenuhi TKDN? Hino menjadi produsen kendaraan niaga pertama di Indonesia yang sudah mendapatkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Total kendaraan Hino yang telah mendapatkan sertifikat TKDN sebanyak 13 model mulai dari Hino 300, Hino 500 hingga Hino Bus. 

Terbaru, mereka mendapat sertifikat TKDN untuk tiga model kendaraan, yaitu Hino 500 – FM 280 JW dengan nilai TKDN + BMP 47,2 persen, Hino 300 – 115 HD dengan nilai TKDN + BMP 55,25 persen, dan Hino 300 – 136 HDL dengan nilai 57,26 persen. 

“Selain kendaraan, Hino menjadi yang pertama memiliki layanan servis purnajual di e-katalog LKPP. Ini memperlengkap kontribusi Hino yang dibuat di Indonesia, oleh orang Indonesia, untuk kemajuan Indonesia,” ujar Chief Opeating Officer (COO) Santiko Wardoyo di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Dia mengungkapkan proses sertifikasi dilakukan PT Surveyor Indonesia dengan sangat ketat melalui verifikasi lapangan dan dokumen. Kemudian, penyusunan laporan melalui panel hasil verifikasi Kementerian Perindustrian yang lulus untuk penerbitan tanda sah sertifikat TKDN.

Topik Menarik