Shin Tae-yong Pede Timnas Indonesia U-23 Bisa Libas Korsel: Saya Tahu Betul Lawan Seperti Apa

Shin Tae-yong Pede Timnas Indonesia U-23 Bisa Libas Korsel: Saya Tahu Betul Lawan Seperti Apa

Olahraga | inews | Rabu, 24 April 2024 - 08:26
share

DOHA, iNews.id- Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23, Shin Tae-yong percaya diri jelang lawan Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024. Pelatih berusia 53 tahun ini mengaku sudah paham betul permainan Taeguk Warriors -julukan Timnas Korea Selatan.

Laga tersebut dijadwalkan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 WIB.

Shin Tae-yong tercatat sudah dua kali menghadapi negaranya sendiri. Dua laga tersebut terjadi pada tahun 2022 lalu kala dirinya melatih Timnas Indonesia U-19. Di mana pada saat itu, dia tengah menyiapkan skuadnya dengan gelar TC di Korea untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2023 yang batal digelar di Indonesia.

Namun dari dua laga uji coba kontra Korea Selatan, Timnas Indonesia U-19 harus menelan kekalahan cukup telak. Di laga pertama, Skuad Garuda Muda kalah telak 0-7 dan 1-5 di pertemuan kedua. Walau begitu, Shin Tae-yong tidak merasa hasil minor tersebut menjadi tolak ukur Timnas Indonesia U-23 jelang lawan Korea Selatan U-23.

“Ya itu ujicoba saja, jangan ngomong begitu nanti makin turun suasana pemain,” buka Shin Tae-yong jelang laga kontra Korea Selatan U-23, Rabu (24/4/2024).

Shin Tae-yong menjelaskan bahwa saat ini, Timnas Indonesia U-23 lebih diuntungkan ketimbang Korea Selatan U-23. Sebab, Skuad Garuda Muda punya waktu persiapan lebih banyak ketimbang lawannya. Ditambah lagi, Shin Tae-yong mengaku sudah paham betul bagaimana taktik permainan lawannya.

“Sebenarnya lebih tenang ya karena kita lebih banyak istirahat satu hari daripada lawan (Korea Selatan U-23) nanti. Apalagi saya juga benar-benar tahu lawan seperti apa,” ungkap Shin Tae-yong. 

Secara level, bisa dibilang Korea Selatan U-23 lebih diunggulkan. Terlebih, Timnas Indonesia U-23 merupakan tim debutan di Piala Asia U-23. Namun begitu, bukan berarti Skuad Garuda Muda tidak bisa memberikan kejutan.

Apalagi, skuad Korea Selatan U-23 sedang dalam kondisi pincang. Striker yang sekaligus pencetak gol terbanyak mereka, yakni Lee Young Jun dikabarkan cedera. Pemain yang sudah cetak tiga gol itu menjadi salah satu pemain yang absen pada laga kontra Jepang U-23.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan Timnas Indonesia U-23 yang dalam mode siap tempur. Terlebih, Nathan Tjoe-A-On dipastikan akan kembali membela Skuad Garuda Muda setelah mendapatkan izin kembali dari klubnya yakni SC Heerenveen.
 

Topik Menarik