Momen Terakhir Kali Timnas Indonesia Menang di Vietnam, Boaz Solossa Bikin Gol

Momen Terakhir Kali Timnas Indonesia Menang di Vietnam, Boaz Solossa Bikin Gol

Olahraga | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 07:25
share

HANOI, iNews.id Momen terakhir kali Timnas Indonesia menang di Vietnam menarik diulas jelang duel kedua tim pada matchday 4 putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (26/3/2024) pukul 19.00 WIB malam nanti.

Sudah lama sekali Tim Garuda tak pernah menang di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam. Tepatnya 19 tahun 3 bulan dan 18 hari, Timnas Indonesia tak pernah pulang dengan kemenangan dari Ibu Kota Vietnam itu.

Momen indah itu terjadi pada 11 Desember 2004. Kala itu, Vietnam menjadi tuan rumah Piala AFF 2004 yang kala itu masih bernama Piala Tiger karena alasan sponsor.

Vietnam vs Indonesia terjadi pada laga ketiga Grup A. Saat itu, kedua tim sama-sama sudah melakoni dua laga. Tim Garuda menang 6-0 atas Laos, dan 0-0 kontra Singapura. Sementara Vietnam imbang 1-1 melawan Singapura dan pesta 9-1 atas Kamboja.

Pada duel tersebut, Indonesia tampil dominan atas tuan rumah. Gemuruh suporter tuan rumah tak menciutkan nyali pasukan yang diarsiteki Peter Withe itu. Terbukti, Tim Garuda tampil berani dengan permainan agresifnya.

Hasilnya, Timnas Indonesia sukses pesta 3-0. Semua gol terjadi pada babak pertama yang dicetak Muhammad Mauly Lessy pada menit ke-18, Boaz Solossa (21), dan Ilham Jaya Kesuma (45).

Setelah laga itu, Tim Garuda kembali membantai Kamboja 8-0 dan memastikan diri lolos ke semifinal sebagai juara Grup A bersama Singapura.

Di semifinal, Indonesia bentrok Malaysia. Setelah kalah 1-2 di Jakarta, Tim Garuda perkasa membalas 4-1 di Kuala Lumpur sehingga lolos ke final. Sayang, di final, Indonesia kalah denga agregat 5-2 dari Singapura.

Kini, Timnas Indonesia akan kembali meladeni Vietnam di Hanoi. Sebenarnya, Tim Garuda punya modal bagus karena baru saja menang 1-0 pada pertemuan terakhir kontra tim berjuluk The Golden Star Warriors itu pada matchday 3 putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (21/3/2024).

Namun, badai cedera dan sakit yang menyerang beberapa pemain mengancam ambisi Tim Garuda untuk kembali mengulangi memori indah pada 2004.

Untungnya, Timnas Indonesia mendapat suntikan dua bintang baru, yakni Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen yang telah merampungkan proses naturalisasinya.

Ayo, Garuda bisa!

Topik Menarik