Nathan Tjoe-A-On Batal Gabung, Timnas Indonesia U-23 Krisis Pertahanan

Nathan Tjoe-A-On Batal Gabung, Timnas Indonesia U-23 Krisis Pertahanan

Olahraga | inews | Jum'at, 5 April 2024 - 17:15
share

DUBAI, iNews.id Nathan Tjoe-A-On batal bergabung Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024. Kondisi ini membuat Tim Garuda Muda krisis pertahanan.

Timnas Indonesia U-23 sedang mempersiapkan diri dalam pemusatan latihan (TC) di Dubai, Uni Emirat Arab. Dalam TC ini, Tim Garuda Muda digenjot jelang tampil di Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar mulai 15 April hingga 3 Mei 2024 di Qatar.

Di ajang itu, Pelatih Shin Tae-yong (STY) dibebani target membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke perempat final. Tentu, bukan target mudah, terlebih Garuda Muda berada di grup neraka. Indonesia berada di Grup A bersama Australia, Yordania dan tuan rumah Qatar.

Ironisnya lagi, STY tak bias membawa skuad komplet. Kabar terkini, Nathan Tjoe-A-On dipastikan batal bergabung. Dia tak mendapat izin dari klubnya, SC Heerenveen.

Ya, klub memang punya hak untuk tak melepas pemainnya karena Piala Asia U-23 tak masuk dalam kalendar FIFA.

Kepastian batalnya Nathan bergabung Tim Garuda Muda disampaikan Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto.

Ya (benar Nathan batal gabung Timnas Indonesia U-23), tutur Nova melalui pesan singkat kepada iNews.id, Jumat (5/4/2024).

Tentu, situasi ini membuat STY pening. Pasalnya, armadanya mengalami krisis figur pertahanan. Sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu sudah mengabarkan absennya Justin Hubner dan juga Alfeandra Dewangga.

Justin Hubner batal bergabung karena tak mendapat izin dari klubnya, Cerezo Osaka. Sementara
Alfeandra Dewangga baru menjalani operasi kecil di bagian ketiaknya yang terdapat benjolan. Elkan Baggott pun tak bisa dibawa karena cedera.

"Memang saat ini Elkan (Baggott), Dewangga, Justin, tidak bergabung. Memang kami mengalami kesulitan (dalam memanggil pemain), tapi memang harus dipersiapkan," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (5/4/2024).

Di pertahanan, kini Tim Garuda Muda tinggal menyisakan Rizky Ridho, Komang Teguh, Muhammad Ferrari, dan Kakang Rudianto di posisi bek tengah. Sedangkan di bek sayap, STY membawa Rio Fahmi, Haykal Alhafiz, Bagas Kaffa, Pratama Arhan, Dony Tri Pamungkas, dan Dzaki Asraf.

Topik Menarik