Hasil Liga 1: PSIS Dihajar Persis, Mahesa Djenar Gagal Naik ke 4 Besar

Hasil Liga 1: PSIS Dihajar Persis, Mahesa Djenar Gagal Naik ke 4 Besar

Olahraga | inews | Minggu, 17 Maret 2024 - 22:46
share

BALIKPAPAN, iNews.id- PSIS Semarang kalah 0-2 lawan Persis Solo dalam laga pekan ke-29 Liga 1 2023/2024. Kekalahan di Derbi Jawa Tengah ini membuat PSIS gagal masuk 4 besar.

Pertandingan itu berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Minggu (17/3/2024) malam WIB. Dua gol Persis dicetak Moussa Sidibe pada menit kelima dan 21.

Kekalahan itu pun membuat PSIS gagal naik kembali ke zona empat besar. Kini, mereka tertahan di posisi kelima dengan poin yang sama dengan Madura United, yang berada tepat di atas mereka dengan raihan 46 poin. Sedangkan Persis masih duduk di posisi delapan dengan koleksi 41 poin.

Jalannya Pertandingan

Persis langsung tancap gas menyerang begitu pertandingan dimulai. Hasilnya, mereka mampu unggul 1-0 saat laga baru berjalan lima menit lewat gol pembuka Moussa Sidibe.

Tertinggal satu gol, PSIS berusaha untuk membalas. Mereka pun nyaris menyamakan kedudukan pada menit 13, tetapi tendangan bebas Taisei Marukawa masih mengarah ke jaring luar gawang saja.

Pada menit 21, justru Laskar Sambernyawa -julukan Persis- yang mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat gol kedua Moussa Sidibe. Pemain asal Mali itu mencetak gol dengan memanfaatkan umpan tarik ciamik yang diberikan David Gonzalez di dalam kotak penalti.

Jual beli serangan dalam tempo yang cukup cepat terus berlangsung setelah itu. Laskar Mahesa Jenar -julukan PSIS- pun mendapat peluang emas pada menit 38 lewat pergerakan Septian David Maulana, tetapi ketika sudah berdiri bebas tendangannya bisa diblok oleh pemain belakang lawan.

Memasuki menit 41, Persis hampir menorehkan gol ketiga mereka pada laga ini. Beruntung bagi tim tuan rumah, tendangan sudut Alexis Messidoro yang mengarah langsung ke gawang hanya mengenai mistar. Alhasil, skor 2-0 untuk keunggulan tim tamu tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Tertinggal dua gol, PSIS berusaha mengambil inisiatif menyerang lebih dulu di awal babak kedua. Beberapa peluang pun mereka dapat, tetapi penyelesaian akhir yang buruk membuat peluang mereka tak ada yang tepat sasaran.

Sementara itu, Persis bermain lebih dalam di babak kedua. Mereka berusaha melancarkan serangan balik cepat dan nyaris mencetak gol lagi pada menit 65, tetapi sepakan David Gonzalez bisa ditepis oleh Gadi Satryo.

Pada menit 75, PSIS hampir merobek gawang tim tamu. Sayangnya, tendangan jarak jauh Fredyan Wahyu yang mengarah ke tiang jauh dengan mendatar bisa diselamatkan oleh Gianluca Pandeynuwu.

Empat menit berselang, Persis gantian mendapatkan peluang emas lewat serangan balik ciamik yang dibangun Moussa Sidibe. Akan tetapi, umpan tarik yang diberikannya ke dalam kotak penalti gagal dieksekusi dengan sempurna oleh Althaf Indie sehingga bola bisa dijangkau oleh Adi Satryo.

Tensi tinggi terus berlangsung di 10 menit terakhir waktu normal. Namun, hingga laga usai tak ada gol lagi yang tercipta. Alhasil, Persis sukses mengamankan kemenangan dengan skor 2-0 atas PSIS.

Berikut adalah susunan pemain PSIS Semarang vs Persis Solo:

PSIS (4-5-1): Adi Satryo; Fredyan Wahyu, Barnabas Sobor, Lucao, Giovani Numberi; Boubakary Diarra, Alfeandra Dewangga, Paulo Gali, Riyan Ardiansyah, Taisei Marukawa; Septian David Maulana.

Cadangan: Haykal Alhafiz, Gian Zola, Bayu Fiqri, Debby Liana, Syiha Buddin, Rizky Darmawan, Tri Setiawan, Evan Dimas.

Pelatih: Gilbert Agius.

PERSIS (4-5-1): Gianluca Pandeynuwu; Jaime Xavier, Rian Miziar, Eky Taufik Febriyanto, Faqih Maulana; Althaf Indie, Gavin Kwan, Sho Yamamoto, Alexis Messidoro, Moussa Sidibe; David Gonzalez.

Cadangan: Arif Budiyono, Alfath Fathier, Taufiq Febriyanto, Chrystna Bhagascara, Kanu Helmiawan, I Gede Aditya Juliantara, Zanadin Fariz, Arkhan Kaka, Mochamad Shulton Fajar, I Gusti Made Rendy Sanjaya.

Pelatih: Milomir Seslija. 

Topik Menarik