Tertangkap Kamera, Pemain Uzbekistan U-23 Hirup Sesuatu Saat Pertandingan Lawan Indonesia U-23?

Tertangkap Kamera, Pemain Uzbekistan U-23 Hirup Sesuatu Saat Pertandingan Lawan Indonesia U-23?

Olahraga | surabaya.inews.id | Selasa, 30 April 2024 - 21:40
share

DOHA, iNewsSurabaya.id - Pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 dan Uzbekistan memang menarik perhatian, namun bukan hanya karena hasil akhirnya. Salah satu momen menarik adalah ketika Ulugbek Khoshimov, striker Uzbekistan terlihat menghirup sebuah benda misterius saat mendapat perawatan medis di tengah pertandingan.

Ternyata, setelah diungkap, benda yang dihirup Khoshimov adalah kapas yang dibasahi amonia. Senyawa ini, meskipun tidak termasuk dalam daftar terlarang Organisasi Anti-Doping Dunia, memiliki manfaat yang mengejutkan dalam meningkatkan pernapasan dan performa atlet.

Apa rahasianya? Berdasarkan pengalaman sebelumnya, pemain Rusia juga menggunakan amonia untuk meningkatkan konsentrasi dan merangsang pernapasan, terutama sebelum pertandingan besar seperti Piala Dunia 2018.

Jadi, aksi Khoshimov bukan hanya sebuah kejadian biasa di lapangan, tetapi juga mengungkapkan metode unik yang digunakan para atlet untuk meningkatkan performa mereka dalam pertandingan yang serius.

Sementara dalam pertandingan, Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Senin (29/4/2024) malam WIB, Garuda Muda tumbang dengan skor 0-2.

Banyak keputusan wasit China Shen Yinhao yang jadi sorotan di laga tersebut. Antara lain mengenai kemungkinan pelanggaran Witan Sulaeman yang dibatalkan, anulir gol Muhammad Ferarri hingga kartu merah Rizky Ridho.

Tapi selain itu ada satu hal lain yang jadi sorotan yakni saat Khoshimov menghirup benda aneh saat mendapat perawatan medis di babak pertama. Striker bernomor punggung 9 itu sempat terkapar usai dilanggar pemain Indonesia Nathan Tjoe-A-On.

Kemudian Khosimov mendapat perawatan medis. Tapi yang menarik perhatian dia diberikan tim medis sebuah benda berwarna putih untuk dihirup.

Setelah beberapa kali menghirup, Khoshimov langsung bugar dan kembali melanjutkan pertandingan. Muncul pertanyaan, benda apa itu?

Usut punya usut, benda yang dihirup Khosimov adalah kapas yang sudah dibasahi amonia. Senyawa ini tidak termasuk dalam daftar terlarang Organisasi Anti-Doping Dunia dan memiliki manfaat untuk meningkatkan pernapasan dan performa atlet.

Topik Menarik