Profil dan Biodata Wasit Shen Yinhao yang Memimpin Laga Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23 2024

Profil dan Biodata Wasit Shen Yinhao yang Memimpin Laga Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23 2024

Olahraga | inews | Selasa, 30 April 2024 - 21:24
share

JAKARTA, iNews.id - Profil dan biodata wasit Shen Yinhao menarik perhatian para pencinta sepak bola Tanah Air. Terlebih lagi pengadil lapangan asal China ini memimpin laga semifinal Piala Asia U-23 2024, Indonesia vs Uzbekistan.

Laga yang dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa, pada Senin (29/4/2024) itu dimenangkan oleh Uzbekistan dengan skor 0-2. Namun, banyak suporter Timnas Indonesia yang menyayangkan dengan beberapa keputusan kontroversial yang diberikan wasit Shen Yinhao.

Wasit asal China itu menganulir gol yang dicetak oleh Muhammad Ferrari pada menit ke-61. Setelah dicek melalui sistem VAR, Ramadhan Sananta dianggap telah berada dalam posisi offside dalam proses terciptanya gol.

Tak hanya itu, wasit Shen Yinhao juga memberikan hadiah kartu merah kepada kapten Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho. Pemain Persija Jakarta itu dianggap telah melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Uzbekistan.

Profil dan Biodata Wasit Shen Yinhao

Menurut situs transfermarkt, Selasa (30/4/2024), Shen Yinhao lahir di Shanghai, China, pada 6 November 1986. Pria berusia 37 tahun ini merupakan wasit yang berada di bawah naungan Federasi Sepak Bola China.

Shen mendapatkan lisensi wasit FIFA sejak 2018. Sebelum itu, ia mulai menjadi pengadil lapangan di beberapa laga Liga Super China. Ia memulainya di laga antara Changchun Yatai vs Chongqing Dangdai Athletic yang berkesudahan 3-1.

Adapun, laga internasional pertama yang dipimpinnya adalah laga China U-23 vs Suriah U-23. Laga yang harus berakhir dengan skor sama kuat 1-1 itu ia mengeluarkan dua kartu kuning untuk pemain kedua kesebelasan.

Masih dari situs transfermarkt, Shen sempat memimpin laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Singapura vs Uzbekistan (1-3). Serta, satu laga lagi antara Sri Lanka dan Korea Selatan (0-5).

Sementara itu, di level Asia Tenggara Shen pernah memimpin laga SEA Games 2023 yang dihelat di Kamboja. Ternyata, ia menjadi wasit di laga penyisihan Grup A antara tuan rumah Kamboja vs Indonesia (1-2).

Jika ditotal secara keseluruhan, Shen menjadi wasit di 141 laga, baik sebelum maupun setelah mendapatkan lisensi wasit FIFA. Selain itu, ia telah mengeluarkan setidaknya 498 kartu kuning dan 12 kartu merah langsung.

Itulah ulasan mengenai profil dan biodata wasit Shen Yinhao. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik