Hasil Liga 1: Hajar Barito Putera, Persik Kediri Dekati Zona 4 Besar

Hasil Liga 1: Hajar Barito Putera, Persik Kediri Dekati Zona 4 Besar

Olahraga | inews | Rabu, 28 Februari 2024 - 17:03
share

KEDIRI, iNews.id - Persik Kediri menghajar Barito Putera 3-1 pada pekan ke-26 Liga 1 di Stadion Brawijaya, Rabu (28/2/2024) sore WIB. Kemenangan itu membuat mereka semakin mendekat ke zona empat besar.

Itu artinya Persik berpeluang meraih tiket ke Championships series. Mereka kini duduk di peringkat enam dengan koleksi 40 poin dari 26 laga, tertinggal dua angka saja dari Bali United, yang berada di tempat keempat dengan raihan 42 poin dari 25 laga.

Jalannya Pertandingan

Persik mendapatkan perlawanan sengit dari Barito sejak menit-menit awal. Kedua tim bertarung cukup keras di lini tengah untuk lebih banyak menguasai bola.

Pada menit ke-11, barulah peluang pertama didapatkan oleh Macan Putih -julukan Persik- lewat pergerakan ciamik Ze Valente. Sayangnya, tendangan melengkung yang dilepaskannya dari jarak jauh masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Sepuluh menit berselang, gantian Flavio Silva yang hampir mencetak gol dengan tandukannya yang menyambut umpan Jeam Kelly Sroyer, tetapi bola bisa ditepis oleh Ega Rizky Parama. Pada menit 25, tim tuan rumah mendapat peluang lagi via sepakan Adi Eko Jayanto, namun belum tepat sasaran.

Di sisi lain, Laskas Antasari -julukan Barito- bermain sangat bertahan untuk menahan gempuran Persik. Mereka hanya sesekali mencoba melakukan serangan balik dengan umpan-umpan panjang.

Terus menekan, akhirnya Persik berhasil memecah kebuntuan pada menit 44 lewat gol Al Hamra Hehanusa yang memaksimalkan umpan sepak pojok Ze Valente. Alhasil, babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Persik kembali tancap gas menyerang sejak awal babak kedua. Sebuah aksi individu Jeam Kelly Sroyer hampir membuahkan gol kedua dalam laga ini pada menit 53. Namun, tendangan keras yang dilepaskannya setelah melewati Bagas Kahfi bisa diselamatkan oleh Ega Rizky.

Lima menit kemudian, tim asuhan Marcelo Rospide itu kembali mengancam pertahanan tim tamu, tetapi sepakan Flavio Silva bisa diblok bek lawan tepat di dalam kotak penalti. Tak lama kemudian, Barito balas mengancam hingga Al Hamra Hehanusa hampir mencetak gol bunuh diri ketika mencoba mengantisipasi umpan manis Mike Ott.

Pada menit 69, Macan Putih sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0 via gol Mohammad Khanafi. Flavio Silva awalnya mengirim umpan silang yang ditanduk oleh Faris Aditama, tetapi bola bisa ditepis oleh Ega Rizky. Namun, bola muntah itu disambar oleh Khanafi dan sempat ditepis lagi oleh Ega Rizky sebelum akhirnya bola liar kembali dihajar oleh Khanafi hingga merobek jala tim tamu.

Tujuh menit berselang, Persik berhasil unggul 3-0 berkat gol kedua Mohammad Khanafi. Kali ini, striker berusia 26 tahun itu mencetak gol dengan sontekannya yang menyambut umpan silang Faris Aditama.

Tak menyerah begitu saja, Barito pun mampu meraih gol hiburan pada menit 80 lewat gol Bayu Pradana yang menanduk tendangan bebas Rizky Pora dengan apik. Alhasil, laga berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Persik.

Berikut adalah susunan pemain Persik vs Barito:

PERSIK (4-3-3): Dikri Yusron; Simen Lyngbo, Anderson Nascimento, Al Hamra Hehanusa, Yusuf Meilana; Krisna Bayu Otto, Adi Eko Jayanto, Ze Valente; Irfan Bachdim, Jeam Kelly Sroyer, Flavio Silva.

Cadangan: Mochammad Supriadi, Mohammad Khanafi, Arthur Irawan, Faris Aditama, Ahmad Agung, Fitra Ridwan, Eko Saputro, Rangga Widiansyah, Vava Mario Yagalo, Muhammad Hary Fatwa Nasution.

Pelatih: Marcelo Rospide

BARITO (4-3-3) Ega Rizky Parama; Bagas Kaffa, Renan Alves, Muhammad Firly, Frendy Saputra; Bayu Pradana, Mike Ott, Hasyim Kipuw; Bagus Kahfi, Murilo Mendes, Gustavo Tocantins.

Cadangan: Banua Norhalid, Yuswanto Aditya, Devid, Nazar Nurzaidin, Ferdiansyah, Ilham Zusril Mahendra, Rizky Pora, Buyung Ismu Lessy, Abdul Aziz, Eksel Runtukahu.

Pelatih: Rahmad Darmawan

Topik Menarik