Bukan soal Skill, Ini Masalah Utama Timnas Indonesia Kelompok Umur hingga Senior

Bukan soal Skill, Ini Masalah Utama Timnas Indonesia Kelompok Umur hingga Senior

Olahraga | inews | Rabu, 28 Februari 2024 - 08:48
share

JAKARTA, iNews.id- Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto mengungkapkan masalah utama Timnas Indonesia dari kelompok umur hingga senior. Dia menyebut pemain Indonesia sulit berkomunikasi.

Nova Arianto saat ini memikul tugas berat untuk membentuk Timnas Indonesia U-16. Pelatih berusia 45 tahun itu dipercaya untuk mengawal Garuda Muda menatap Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-17.

Untuk itu, Nova mengadakan pemusatan latihan sekaligus seleksi pemain yang terdiri dari tiga gelombang. Saat ini, seleksi pemain sudah memasuki gelombang ketiga per Selasa (27/2/2024).

Dari tiga gelombang seleksi yang sudah berjalan, Nova menemukan masalah yang sama di timnas usia muda dan senior. Mantan bek Persib Bandung itu mengatakan, masih ada masalah komunikasi yang kurang baik antara para pemain di lapangan.

"Itulah kenapa saya tanggung jawab di Timnas u-16 yang mau saya ambil pertama adalah apasih yang sebenarnya menjadi kekurangan di timnas senior ya," ujar Nova kepada awak media di Lapangan A, Senayan, Jakarta pada Selasa (27/2/2024).

"Dan masalah saat ini adalah masalah komunikasi karena coach Shin Tae-yong (pelatih kepala Timnas Indonesia) selalu bicara pemain-pemain indonesia ini lemah dalam melakukan komunikasi dengan teman-temannya, jadi itu yang saya coba perbaiki di level bawah," sambungnya.

Dengan permasalahan yang serupa, Nova mengatakan berupaya untuk memperbaiki dari level usia muda. Dia berharap, usahanya membuahkan hasil manis ketika para pemain sudah masuk ke jenjang berikutnya.

"Di U-16 saya perbaiki masalah komunikasi agar apa? Agar nanti saat dia sampai di U-20, U-23, atau senior dia udah terbiasa dengan situasi itu," jelas Nova.

Dalam sesi latihan, Nova memang kerap berteriak untuk mengingatkan para pemain agar berkomunikasi dengan baik. Hal ini juga terlihat dalam laga internal yang dilakoni Timnas Indonesia U-16.

Topik Menarik