Duel Mike Tyson vs Jake Paul Bisa Batal, Ini Penyebabnya

Duel Mike Tyson vs Jake Paul Bisa Batal, Ini Penyebabnya

Olahraga | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 05:30
share

ARLINGTON, iNews.id Duel Mike Tyson vs Jake Paul bisa jadi dibatalkan. Penyebabnya adalah sebuah peraturan yang tertulis dalam pertarungan tersebut.

Awal bulan ini dunia tinju diguncang oleh pengumuman, mantan juara dunia kelas berat Mike Tyson akan menghadapi Jake Paul, YouTuber yang menjadi petinju, di Stadion AT&T di Arlington, Texas, pada 20 Juli 2024.

Paul mendapat kecaman dari banyak pihak karena melakukan perlawanan. Para kritikus menyuarakan keprihatinan atas perbedaan usia antara kedua petinju tersebut. Mike Tyson akan berusia 58 tahun saat dia memasuki ring, 31 tahun lebih tua dari Paul.

Petinju berjuluk Si Leher Beton itu pensiun dari tinju profesional pada tahun 2005. Dia terakhir kali bertarung pada 2020 ketika imbang dalam pertarungan eksibisi melawan Roy Jones Jr.

Duel tersebut digolongkan sebagai pertarungan professional ketimbang sebuah eksibisi. Namun Departemen Perizinan dan Regulasi Texas (TDLR) akan mengambil keputusan akhir soal itu.

TDLR juga akan melakukan serangkaian tes yang tidak biasa sebelum pertarungan. Jika Tyson gagal melewatinya, bisa jadi pertarungan dibatalkan.

Manajer komunikasi TDLR Tela Mange menjelaskan, petarung yang berusia di atas 36 tahun harus memberikan hasil yang baik dari elektroensefalogram (EEG) dan elektrokardiogram (EKG). EEG digunakan untuk mengevaluasi kelainan otak, sedangkan EKG digunakan untuk mendeteksi masalah jantung.

Kami juga dapat meminta pengujian tambahan jika dirasa tepat, kata Mange kepada USA Today Sports, dikutip dari Sport Bible, Kamis (28/3/2024).

Bahkan jika Tyson lulus tes tersebut, TDLR dapat mengklasifikasikan pertarungan tersebut sebagai sebuah eksibisi.

Jika itu yang terjadi maka Paul dan Tyson akan mengenakan sarung tinju 16 ons, bukan sarung tangan tradisional 10 ons yang digunakan dalam pertarungan profesional.

Setiap ronde akan berlangsung selama dua menit, bukan tiga menit, dan tidak ada juri resmi yang akan menilai pertarungan tersebut.

Aturan tersebut selain berat sarung tangan diterapkan saat Tyson bertemu Roy Jones Jr pada tahun 2020.

Topik Menarik