Loading...
Loading…
Perjalanan Cerdik India Raih Piala Thomas 2022: Libas Para Raksasa dengan Taktik Jitu

Perjalanan Cerdik India Raih Piala Thomas 2022: Libas Para Raksasa dengan Taktik Jitu

Powered by inewsid
Olahraga | Inews | Senin, 16 Mei 2022 - 11:21

BANGKOK, iNews.id- Tim bulu tangkis India mencetak sejarah menjadi juara Piala Thomas untuk pertama kali di tahun 2022. Tak tanggung-tanggung Lakshya Sen dkk menumbangkan para raksasa hingga akhirnya jadi juara.

Piala Thomas 2022 digelar di Impact Arena, Bangkok, Thailand dari 8 Mei hingga 15 Mei 2022. India sama sekali tak diperhitungkan di turnamen bergengsi ini.

India berada di grup C bersama Taiwan, Jerman dan Kanada. Perjalanan di fase grup, India cukup apik tapi tak begitu mengejutkan.

India menang telak 5-0 dua kali masing-masing lawan Jerman dan Kanada. Namun kandas 2-3 dari Taiwan. India lolos ke perempat final sebagai runner up.

Perjalanan heroik bulu tangkis India dimulai di perempat final. India yang mengandalkan tiga tunggal putra yakni Lakshya Sen, Kidambi Srikanth dan Prannoy H.s dan satu ganda putra Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Formasi empat wakil itu tak pernah diganti hingga partai final. Bahkan, Kidambi, Prannoy dan Rankireddy/Shetty selalu jadi penyumbang poin.

Ketika di perempat final, India tertinggal 0-1 lebih dulu usai Lakshya Sen takluk dari Lee Zii Jia 23-21 dan 21-9. India lantas bangkit di pertandingan berikutnya.

Baca Juga :
3 Pelatih asal Indonesia yang Bikin India Tampil Garang di Piala Thomas 2022, Nomor 1 Eks Pelatih Taufik Hidayat

Kidambi, Rankireddy/Shetty dan Prannoy menjadi penentu kemenangan India 3-2 atas Malaysia. Skema serupa terjadi saat melawan Denmark di semifinal.

Denmark lebih diunggulkan karena memiliki 2 tunggal putra kuat yakni Viktor Axelsen dan Anders Antonsen dan dua ganda putra yang tampil apik di Piala Thomas, Kim Astrup/Mathias Christiansen dan Anders Skaarup Rasmussen/Frederik Sogaard.

Namun India tampil mengejutkan. Mirip saat melawan Malaysia, India kehilangan poin di tunggal pertama. Lakshya Sen takluk dari Viktor Axelsen.

Lalu India bangkit. Lagi-lagi tiga pemain Kidambi, Prannoy dan Rankireddy/Shetty jadi kunci kemenangan India 3-2 atas Denmark.

India benar-benar menggila ketika bermain di final melawan Indonesia. Indonesia di atas kertas sangat diunggulkan sebab berstatus juara bertahan.

Namun kenyataan di lapangan, Indonesia dibuat tak berdaya. India langsung menang 3-0. Lakhsya Sen, Rankireddy/Shetty dan Kidambi tampil sangat heroik mengalahkan pemain-pemain terbaik Indonesia.

Gelar ini menjadi sejarah bagi generasi emas bulu tangkis India di ajang Piala Thomas. Selamat India, ayo bangkit Indonesia!

Baca Juga :
`Perjuangan Tim Thomas Kita Membanggakan, Mereka Layak Diapresiasi`

Original Source

Topik Menarik

{