Korea Selatan Hanya Kalah Keberuntungan dari Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Korea Selatan Hanya Kalah Keberuntungan dari Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Olahraga | inews | Jum'at, 26 April 2024 - 19:09
share

DOHA, iNews.id- Timnas Korea Selatan U-23 menelan kekalahan dari Timnas Indonesia U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024. Asisten pelatih Timnas Korea Selatan U-23, Myung Jae-yong menyebut anak asuhnya cuman kalah beruntung.

Skuad muda Taeguk Warriors -julukan Timnas Korea Selatan- menelan kekalahan mengejutkan dari Timnas Indonesia U-23. Korea Selatan U-23 kalah lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Sejatinya, Timnas Indonesia U-23 bisa saja menutup laga tersebut tanpa harus lewat drama adu penalti. Pasalnya, mereka unggul jumlah pemain setelah Lee Young Jun diganjar kartu merah pada menit ke-70. Namun sayang Skuad Garuda Muda harus kecolongan lewat gol Jeong Sang Bin di menit ke-84.

Selepas pertandingan, Jae-yong menyampaikan selamat kepada Timnas Indonesia U-23 atas keberhasilannya. Dia menilai, kekalahan yang diderita Korea Selatan U-23 ini hanya karena mereka kurang beruntung.

Pertama-tama, selamat untuk pihak Indonesia, kata Jae-yong, dilansir dari situs resmi AFC, Jumat (26/4/2024).

Meskipun kami mendapat kartu merah, para pemain tidak pernah menyerah dan mencetak gol penyeimbang. Kami tidak cukup beruntung untuk memenangkan adu penalti, sambungnya.

Lebih lanjut, Jae-yong mengakui Korea Selatan U-23 kesulitan untuk bangkit dari ketertinggalan. Berbagai cara pun juga sudah dicoba oleh mereka. Meski masih belum berhasil, dia mengungkapkan kalau anak asuhnya telah bermain sesuai dengan instruksinya.

Kami pikir akan sangat sulit untuk bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Indonesia. Saya mengatakan kepada anak-anak saya bahwa kami harus memanfaatkan bola mati atau serangan balik, mereka telah bermain sesuai instruksi dan saya tidak menyalahkan mereka, tutur Jae-yong.

Kekalahan ini praktis membuat Korea Selatan U-23 harus tersingkir dan dipastikan absen main di Olimpiade 2024 Paris. Padahal, mereka tidak pernah absen untuk tampil di Olimpiade sejak edisi 1998. Tapi sekarang, rekor apik mereka harus dipatahkan oleh Timnas Indonesia U-23 yang dipimpin oleh sosok Shin Tae-yong.

Sementara, kemenangan atas Korea Selatan U-23 membuat Timnas Indonesia U-23 mencatatkan sejarah dengan berhasil melaju ke babak semifinal untuk pertama kalinya. Untuk lawan di semifinal, Skuad Garuda Muda akan berhadapan dengan pemenangan laga Uzbekistan U-23 versus Arab Saudi U-23 yang akan bertandingan malam hari ini pukul 21.00 WIB.

Topik Menarik