RI Pamer Transportasi Laut di Brunei Darussalam

RI Pamer Transportasi Laut di Brunei Darussalam

Terkini | okezone | Kamis, 9 Mei 2024 - 18:46
share

JAKARTA - Indonesia menyampaikan usulan dan perkembangan transportasi laut. Hal ini disampaikan saat Delegasi Pemerintah Indonesia menghadiri Pertemuan Kelompok Kerja Transportasi Maritim ASEAN ke-46 (The 46th ASEAN Maritime Transport Working Group) yang diselenggarakan di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada 6-8 Mei 2024.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Lollan Panjaitan mengungkapkan beberapa hal penting yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

Pertama adalah agenda terkait ASEAN Single Shipping Market (ASSM), di mana Brunei Darussalam menyampaikan data analisis kinerja pelabuhan di ASEAN untuk tahun 2023 berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Institut Maritim Malaysia (MIMA) dari data-data terbaru yang diberikan oleh negara-negara ASEAN.

Pada agenda ini, Negara Anggota diharapkan dapat memberikan informasi terbaru mengenai mekanisme koordinasi nasional tentang pembangunan infrastruktur pelabuhan dan jalan serta rencana induk nasional untuk pembangunan pelabuhan dan jalan untuk akses pelabuhan yang lebih baik.

“Dalam hal ini, kami menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia telah menunjuk Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian untuk mendukung peningkatan konektivitas Indonesia melalui Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan cara penyelesaian masalah (debottlenecking), khususnya terkait dengan perizinan, untuk menyelesaikan Pembangunan Pelabuhan yang termasuk dalam daftar PSN,” kata Lollan dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (9/5/2024).

Topik Menarik