Pabrik Sepatu Bata Tutup, Manajemen: Kami Hadapi Tantangan 4 Tahun Terakhir

Pabrik Sepatu Bata Tutup, Manajemen: Kami Hadapi Tantangan 4 Tahun Terakhir

Terkini | okezone | Kamis, 9 Mei 2024 - 17:18
share

JAKARTA - Penutupan pabrik PT Sepatu Bata Tbk (BATA) menjadi sorotan masyarakat dan sempat viral di media sosial. Manajemen BATA mengakui telah menghadapi tantangan bisnis selama empat tahun terakhir.

Kondisi ini terjadi setelah pandemi Covid-19 berakhir, sehingga menyebabkan penutupan pabrik utama di Purwakarta pada 2024. Bagi manajemen, transformasi operasional bisnis diperlukan untuk menghadapi perubahan konsumen produk alas kaki.

“Kami telah menghadapi banyak tantangan selama empat tahun terakhir, termasuk perubahan perilaku konsumen yang cepat,” kata Direktur dan Sekretaris BATA, Hatta Tutuko, dalam keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia, Kamis (8/5/2024).

Agar kelangsungan usaha tetap berjalan, manajemen mengambil pilihan untuk menutup fasilitas produksi dan mengganti skema produksi dengan menjalin kemitraan.

Produk sepatu tetap diproduksi dengan produsen lokal yang notabene pabrik mitra perusahaan. Hatta menyebut ini sebagai optimalisasi bisnis, dengan menambah saluran penjualan melalui kanal online.

Topik Menarik