KPPU Ungkap Barang Impor di RI Naik, Ancam UMKM

KPPU Ungkap Barang Impor di RI Naik, Ancam UMKM

Terkini | okezone | Kamis, 9 Mei 2024 - 11:01
share

JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mencium adanya peningkatan dokumen impor yang cukup masif di Direktorat Jenderal Bea Cukai, Kementerian Keuangan. Aktivitas tersebut mengancam keberlangsungan pasar UMKM.

Ketua KPPU Fanshurullah Asa mengatakan, pihaknya telah menemui Dirjen Bea Cukai Askolani atas temuannya tersebut. Sebab masifnya barang impor akan berdampak buruk pada industri di dalam negeri.

"Tercatat berbagai kegiatan pertukaran data telah dilaksanakan dalam berbagai kasus yang ditangani KPPU, utamanya di sektor pangan dan perikanan. KPPU juga menggarisbawahi pentingnya pengawasan kemitraan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan eksportir dalam memasuki pasar global," ujar Fansrullah dalam keterangan resminya, Rabu (8/5/2024).

Lebih lanjut, Fansrullah mengatakan DJBC dan KPPU juga sudah sepakat untuk menjaga pelaku UMKM dari fenomena masuknya barang murah melalui impor, khususnya oleh transaksi elektronik melalui lokapasar (marketplace). Keberadaan lokapasar akan mempercepat barang masuk ke Indonesia dan dapat mempersulit pengawasan.

Topik Menarik