Alasan Ernando Ari Pede Jadi Eksekutor Penalti saat Timnas Indonesia U-23 Hadapi Korea Selatan U-23

Alasan Ernando Ari Pede Jadi Eksekutor Penalti saat Timnas Indonesia U-23 Hadapi Korea Selatan U-23

Terkini | okezone | Jum'at, 26 April 2024 - 18:24
share

DOHA – Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari, mengungkapkan alasan yang membuatnya percaya diri menjadi ekskutor penalti di laga kontra Timnas Korea Selatan U-23. Penjaga gawang Persebaya Surabaya itu mengaku ingin menebus dosanya saat gagal menendang penalti di Piala AFF U-23 2023 lalu.

Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan 10 pemain Korsel U-23 lewat babak adu penalti dengan skor 11-10 setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit. Pertandingan itu berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Kesuksesan itu didapat tak lepas dari kegemilangan Ernando Ari saat tos-tosan. Dia sukses menepis tendangan dua eksekutor Taeguk Warriors -julukan Timnas Korsel, yakni Kang Sang Yoon dan Lee Kang Hee.

Selain itu, Ernando juga mampu menjalankan tugasnya dengan baik sebagai penendang ke-10 Indonesia. Kiper Persebaya itu melepaskan tendangan mendatar ke pojok bawah kiri gawang yang tak mampu dihalau penjaga gawang lawan, Baek Jong Bum.

Keberhasilan itu menjadi penebus dosa Ernando untuk Skuad Garuda Muda. Sebab, dia pernah menjadi satu-satunya pemain yang gagal menjadi eksekutor dalam babak adu penalti ketika Indonesia dikalahkan Vietnam dalam final Piala AFF U-23 2023.

Ernando pun mengaku kenangan buruk itu tak membuatnya gugup ketika ingin mengeksekusi bola saat melawan Korsel. Pasalnya, kegagalan tahun lalu justru membuatnya memiliki tekad tinggi untuk mengasah kepercayaan dirinya jika ditunjuk lagi menjadi eksekutor di babak tos-tosan.

Topik Menarik