Biografi Imam Ahmad bin Hanbal, Ahli Fikih yang Miliki Sifat Zuhud dan Dermawan

Biografi Imam Ahmad bin Hanbal, Ahli Fikih yang Miliki Sifat Zuhud dan Dermawan

Terkini | okezone | Senin, 6 Mei 2024 - 10:18
share

BIOGRAFI Imam Ahmad bin Hanbal dibahas Okezone Muslim dalam artikel berikut ini. Beliau dikenal sebagai salah satu imam mazhab dalam agama Islam. Imam Ahmad bersama Imam Abu Hanifah, Imam Malik, dan Imam Syafi'i memegang teguh ajaran Islam sesuai petunjuk Alquran dan As-Sunnah.

Dilansir Muslimah.or.id, dalam buku terjemahan "Syarah Ushulus Sunnah, Keyakinan Al Imam Ahmad rahimmahullah dalam Aqidah", Syekh Walid bin Muhammad Nubaih menerangkan Imam Ahmad bin Hanbal memiliki nama lengkap Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal Asy-Syaibani. Beliau lahir di Kota Baghdad, Irak, pada bulan Rabiul Awwal tahun 164 Hijriah (780 Masehi).

Imam Ahmad bin Hanbal merupakan pendiri Mazhab Hanbali. Beliau memiliki ilmu yang sangat luar biasa terkait fikih Islam. Pujian dari para ulama pun mengalir deras untuk Imam Ahmad.

Berkata Imam Al Hasan bin Ar-Rabi', "Jikalau tidak ada Imam Ahmad, niscaya banyak orang yang mengada-adakan bidah dalam agama."

Berkata pula Imam Ibnu Qutaibah, "Sesudah wafat Imam Ats-Tsauri lenyaplah wara’ (sikap berhati-hati dalam agama), sesudah wafat Imam Asy Syafi'i lenyaplah sunah, dan nanti sesudah wafat Imam Ahmad maka perbuatan bid'ah akan merajalela.

Selain itu, seorang ahli hadis terkemuka dan ternama bernama Imam Ali al Madini juga berkata tentang kebesaran Imam Ahmad bin Hanbal, "Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala memelihara Ahmad bin Hanbal, karena ia pada hari ini menjadi hujjah Allah Subhanahu wa Ta’ala atas segenap makhluk-Nya." 

Topik Menarik