Dorong Mitigasi Bencana Masuk Kurikulum Sekolah, Menko PMK: Bisa Pelihara Kewaspadaan

Dorong Mitigasi Bencana Masuk Kurikulum Sekolah, Menko PMK: Bisa Pelihara Kewaspadaan

Nasional | okezone | Jum'at, 26 April 2024 - 09:30
share

 

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendorong agar mitigasi bencana masuk dalam kurikulum sebagai intrakurikuler dalam pembelajaran di sekolah dan perguruan tinggi.

Muhadjir mengatakan upaya ini untuk mencegah resiko dan banyaknya korban bencana, sehingga perlu langkah mitigasi bencana sejak dini seperti memasukkannya ke dalam kurikulum sekolah.

"Karena itu pesan saya, bencana harus menjadi bagian kurikulum, intrakurikuler. Ada mata pelajaran khusus bencana. Dan itu tidak usah membahas bencana secara umum. Tapi bencana secara yang sering terjadi spesifik di daerah itu," ujar Muhadjir di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, dikutip Jumat (26/4/2024).

Selain itu, sebagai langkah mitigasi bencana, maka perlu dilakukan simulasi bencana oleh pemerintah daerah. Hal ini menurutnya, bisa dijadikan sebagai program pemerintah daerah yang dilakukan secara rutin dan berkala, yang kemudian diterapkan di instansi-instansi, dan seluruh kalangan masyarakat.

"Karena kalau ada simulasi selalu dilakukan terus bisa memelihara kewaspadaan, itu sangat penting," ucap dia.

Topik Menarik