Kemenag Segera Bertemu Kementerian Arab Saudi Bahas Ibadah Haji 2023

Kemenag Segera Bertemu Kementerian Arab Saudi Bahas Ibadah Haji 2023

Nasional | jawapos | Selasa, 9 Agustus 2022 - 17:03
share

JawaPos.com Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memberikan apresiasi kepada seluruh petugas haji Indonesia. Mereka dianggap sudah memberikan layanan yang baik kepada jamaah selama menunaikan ibadah haji.

Kami ingin mengucapakan terima kasih kepada seluruh petugas haji Indoensia di bawah bimbingan Menteri Agama dan semua tim yang ada di sini. Semua sudah saling bahu membahu, sehingga memberikan yang terbaik bagi jemaah haji, kata Wakil Menteri Haji dan Umrah Bidang Ziarah atau Kunjungan, Muhammad Abdurrahman Al Bijawi, Selasa (9/8).

Kami bersyukur, tahun ini jamaah bisa beribadah dengan aman dan tenang. Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah di bawah bimbingan Raja Salman, sambungnya.

Kepada Nasrullah Jasam selaku Konsul Haji KJRI Jeddah, Al Bijawi menjelaskan bahwa pemerintah Arab Saudi telah berusaha secara maksimal dalam memberikan layanan kepada jamaah dari seluruh dunia. Saat ini, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi akan segera melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama RI guna mempersiapkan pelaksanaan haji tahun 2023.

Saat ini, kami sudah mulai berkoordinasi, mempersiapkan haji tahun depan. Kementerian Haji dan Umrah bersama Kementerian Agama akan segera bertemu guna membahas dan melakukan persiapan haji tahun 1444 H, tukasnya.

Diketahui, Kemenag telah menutup operasional petugas haji Daerah Kerja (Daker) Makkah. Mereka juga dipulangkan bertahap usai dipastikan tidak ada lagi jamaah haji yang melaksanakam ibadah di Makkah.

Pemulangan petugas Daker Makkah dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama tiba 6 Agustus 2022 dengan 237 petugas. Gelombang kedua, mendarat 7 Agustus 2022 berjumlah 271 petugas.

Saat ini, masih ada petugas yang melayani jamaah haji Indonesia di Madinah. Pemulangan jamaah haji Indonesia berakhir pada 13 Agustus 2022. Petugas Daker Madinah dan Bandara akan pulang dua hari setelahnya.

Topik Menarik