Mengenal Tjokropranolo, Pengawal Jenderal Soedirman yang Jadi Gubernur DKI dan Peduli kepada Buruh

Mengenal Tjokropranolo, Pengawal Jenderal Soedirman yang Jadi Gubernur DKI dan Peduli kepada Buruh

Nasional | okezone | Sabtu, 27 April 2024 - 08:16
share

LETNAN JENDERAL TNI (Purn) Tjokropranolo, sebelum menjabat gubernur DKI, ia menjadi asisten Gubernur Ali Sadikin selama satu tahun. Baru kemudian pada Juli 1977, pria yang akrab disapa Bang Nolly itu dilantik sebagai Gubernur Jakarta.

Selama dia menjabat gubernur, ia sering mengunjungi berbagai pabrik untuk mengecek kesejahteraan buruh dan mendapatkan gagasan langsung tentang upah mereka. Usaha kecil juga menjadi perhatiannya.

Dia mengalokasikan sekitar ratusan tempat untuk puluhan ribu pedagang kecil, agar dapat berdagang secara legal. Walau begitu, kemacetan lalu lintas dan kesemrawutan transportasi kota menjadi masalah yang sulit dipecahkan.

Perda yang mengatur pedagang jalanan tidak efektif, sehingga mereka masih berdagang di wilayah terlarang, menempati badan jalan, dan memacetkan lalu lintas.

Tapi siapa yang mengira, terlepas dari karirnya sebagai Gubernur Jakarta. Pria kelahiran Temanggung, Jawa Tengah, 21 Mei 1924, pernah menjadi pengawal pribadi Panglima Besar Soedirman pada masa Revolusi Nasional Indonesia melawan pendudukan Belanda.

Kedekatannya dengan sang Jendral bermula setelah terbentuknya BKR (Badan Keamanan Rakyat). Tjokropranolo bergabung dengan BKR di kota Magelang, Jawa Tengah, dan menjadi komandan deputi penjaga markas TKR.

Topik Menarik