Hari Kesiapsiagaan Bencana, Ratusan Siswa Sekolah Dasar Lakukan Simulasi Tanggap Bencana

Hari Kesiapsiagaan Bencana, Ratusan Siswa Sekolah Dasar Lakukan Simulasi Tanggap Bencana

Nasional | tuban.inews.id | Sabtu, 27 April 2024 - 09:00
share

TUBAN, iNewsTuban.id - Ratusan siswa-siswi sekolah dasar yang berada di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, antusias mengikuti simulasi Hari Kesiapsiagaan Bencana yang digelar oleh salah satu perusahaan BUMN di Tuban.

Siswa-siswi sekolah dasar yang berada di kawasan Kecamatan Jenu, Kecamatan Tuban ini, mulai dari pukul 08.00 WIB, mendapatkan materi siaga saat terjadi bencana, dan digelar pula simulasi tanggap bencana, untuk menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana, yang setiap tahun jatuh pada tanggal 26 april tersebut.

Dalam gelar simulasi kali ini, siswa siswi serta guru pendamping, mendapat materi sekaligus simulasi, untuk melindungi diri dari bencana gempa bumi dan kebakaran.

Bencana gempa bumi sendiri terakhir terjadi di bulan maret 2024, yang berkekuatan hingga 6,5 Magnitudo dan hingga ratusan gempa susulan yang mengguncang wilayah Kabupaten Tuban dan sekitarnya.

Tak hanya siswa-siswi yang antusias, para guru pendamping juga mendapatkan kesempatan untuk mencoba memadamkan api, serta menggunakan baju safety lengkap seperti petugas pemadam kebakaran.

penanganan bancana dalam rangka kesiapsiagaan bencana, ini pengalamam pertama yang sangat-sangat memberikan edukasi yang bagus buat saya serta siswa siswi dan para guru lainnya, usahakan jangan takut dulu kalo was-was itu manusiawi, ungkap Mariska, guru pendamping.

Dalam peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana ini, PT PLN Nusantara Power Up PLTU Tanjung Awar-awar Tuban, akan selalu berusaha untuk mengedukasi masyarakat sekitar, serta memberikan apa yang dibutuhkan masyarakat agar selalu siap siaga saat terjadi bencana.

PLTU tidak hanya menghasilkan listrik tapi juga bisa memberikan keuntungan dan kemajuan bagi sosial masyarakat di antaranya pada segmen-segmen yang rentan terhadap situasi yang terakhir terjadi, misalkan bencana alam gempa bumi dan kebakaran. kami berharap agar semakin banyak yang sadar terutama di hari kesiapsiagaan bencana nasional bagaimana jika terjadi bencana alam baik itu kebakaran, gempa bumi apapun itu sehingga resiko didalam masyarakat bisa minim, kata Emilius Wahyu N, Manager Pemeliharaan PT PLN Nusantara Power Up PLTU Tanjung Awar-awar.

Kegiatan seperti ini akan terus dilakukan oleh PT PLN Nusantara Power Up PLTU Tanjung Awar-awar Tuban, agar masyarakat siap setiap saat jika terjadi bencana yang tidak diinginkan.

Topik Menarik