Kasihan Ya, Pencarian 15 Penumpang KM Ladang Pertiwi yang Hilang Dihentikan

Kasihan Ya, Pencarian 15 Penumpang KM Ladang Pertiwi yang Hilang Dihentikan

Nasional | reqnews.com | Selasa, 7 Juni 2022 - 04:03
share

JAKARTA, REQnews - Operasi pencarian 15 orang penumpang yang hilang akibat tenggelamnya KM Ladang Pertiwi di Selat Makassar, 26 Mei 2022 lalu kini resmi dihentikan pada Senin 6 Juni.

Kepala Basarnas Sulawesi Selatan Djunaidi mengatakan, karena segala upaya telah dilakukan untuk mencari para korban, namun belum menemukan hasil, sehingga operasi dihentikan pada hari kesepuluh.

"Namun dengan segala upaya yang telah dilakukan dan tidak menemukan keberadaan korban lainnya, maka dengan berat hari operasi SAR kecelakaan kapal dinyatakan ditutup pada hari kesepuluh ini," kata Djunaidi di Makassar.

Ia merinci, sejak pencarian dimulai 28 Mei lalu, 35 penumpang telah ditemukan. Sebanyak 31 dipastikan selamat dan empat meninggal dunia, serta 15 dinyatakan hilang.

Djunaidi menegaskan, meskipun pencarian dihentikan, tim SAR gabungan akan tetap melakukan pemantauan secara berkala dengan berkoordinasi bersama VTS Makassar, untuk disampaikan kepada seluruh kapal yang melintas di lokasi tenggelamnya KM Ladang Pertiwi.

Jika nantinya menemukan jasad yang mengapung, Djunaidi meminta agar dilaporkan ke Basarnas.

"Jadi kalau tidak ada yang mengenali di sana, tetap akan dibawa ke Makassar dan itu tanggung jawab Basarnas untuk melaksanakan kegiatan pertolongan," ujarnya.

Topik Menarik