Aksi Heroik Dokter TNI AL, Bantu Ibu Melahirkan Darurat di Kapal Laut

Aksi Heroik Dokter TNI AL, Bantu Ibu Melahirkan Darurat di Kapal Laut

Terkini | inews | Jum'at, 26 April 2024 - 15:19
share

JAKARTA, iNews.id - Ibu hamil bernama Stella Senggihilang (22) mendadak harus melahirkan secara darurat di Kapal Motor (KM) Mercy Teratai saat dalam perjalanan dari Manado menuju Tahuna pada Rabu (24/4/2024). Beruntung, ada prajurit TNI Angkatan Laut, Letda Laut (K) dr. Riezqi Bakrie yang menaiki kapal tersebut.

Persalinan darurat pun dapat dilakukan di kapal dengan dibantu dokter TNI AL tersebut.

Peristiwa berawal saat KM Mercy Teratai yang berlayar menuju Tahuna mengumumkan ada ibu hamil yang membutuhkan pertolongan medis dan mencari dokter atau tenaga medis yang bersedia membantu persalinan.

"Letda Laut (K) dr. Riezqi Bakrie, personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tahuna yang kebetulan selesai melaksanakan cuti mencoba memeriksa keadaan ibu hamil tersebut," tulis keterangan Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), Jumat (26/4/2024).

Dari pemeriksaan medis, diketahui ketuban sudah pecah 10 menit sebelumnya dan bukaan rahim sudah lengkap. Kepala bayi juga sudah teraba di jalan lahir.

"Dengan sigap Letnan Riezqi langsung berkoordinasi dengan kapten kapal dan RS di pulau terdekat untuk melaksanakan evakuasi jika persalinan terdapat kendala," katanya.

Dengan menggunakan alat seadanya dan dibantu perawat yang kebetulan juga ada di kapal, pertolongan persalinan pun dimulai di kamar penumpang yang cukup sempit.

Proses persalinan darurat berjalan lancar. Bayi laki-laki berhasil lahir sehat dengan berat badan 3,115 kg dan tinggi badan 48 cm.

"Setelah evaluasi persalinan didapatkan perdarahan aktif sedang pada ibu bayi karena robekan di jalan lahir, karena keterbatasan alat pertolongan medis," ucapnya.

Kapten kapal lalu diarahkan untuk singgah di Pulau Siau untuk evakuasi darurat. Pasien kemudian dijemput dokter jaga dan dibawa dengan ambulans ke Rumah Sakit Siau.

Topik Menarik