Tips Tetap Sehat Selama Perjalanan Arus Balik, Salah Satunya Konsumsi Banyak Buah

Tips Tetap Sehat Selama Perjalanan Arus Balik, Salah Satunya Konsumsi Banyak Buah

Nasional | bukamatanews | Kamis, 5 Mei 2022 - 20:23
share

BUKAMATA - Setelah melaksanakan hari raya Idulfitri bersama keluarga di kampung halaman, para pemudik sudah harus bersiap-siap kembali ke kota untuk kembali beraktivitas.

Banyaknya pemudik yang akan kembali ke kota membuat gelombang arus balik yang cukup tinggi, sebagaimana disampikan oleh Jokowi dalam pidatonya melalui akun YouTube Kesekretariatan Presiden. Ia memperkirakan lonjakan arus balik akan terjadi pada 6 8 Mei 2022.

Bagi pemudik disarankan mempersiapkan kesehatannya sebagaimana arus mudik kemarin.

Melalui halaman resminya Kementerian Kesehatan membagikan hal penting yang harus diperhatikan oleh pengemudi dan penumpang yang hendak melakukan perjalanan arus balik.

Pertama, sebelum melakukan perjalanan sebaiknya memeriksa kesehatan terlebih dahulu terlebih jika memiliki keluhan terhadap penyakit tertentu.

Hal ini tidak boleh diabaikan meskipun merasa sehat dan prima. Jangan lupa juga siapkan obat-obatan pribadi yang kira-kira dibutuhkan selama perjalanan maupun di tempat tujuan.

Kedua, jaga asupan makanan yang dimakan agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan seperti makan makanan pedas dan bersantan.

Bagi pemudik yang hendak kembali disarankan memperbanyak makan buah-buahan seperti jeruk, pisang, mangga, belimbing, atau apel. Kurangi makanan yang memiliki tinggi kalori dan lemak agar stamina tetap terjaga selama berkendara.

Ketiga, pada saat arus balik jalanan akan dipadati puluhan ribu kendaraan yang juga melakukan arus balik. Kondisi ini bisa memicu kelelahan fisik maupun mental. Oleh karena itu jaga emosi dan kosentrasi selama perjalanan agar tetap bisa mematuhi rambu-rambu lalu lintas selama berkendara.

Pengemudi disarankan beristirahat setelah 4 jam perjalanan. Karena bila seseorang mengemudi lebih dari 4 jam maka akan terjadi penurunan kesigapan tubuh maupun respons tubuh sehingga rawan untuk terjadi kecelakaan.

Cari tempat istirahat seperti rest area dan usahakan untuk tidur atau istirahat minimal 15-30 menit. Bila di tengah perjalanan sakit, segera cari pos kesehatan terdekat.

Pengendara juga diimbau untuk melakukan tips berikut ini:

1. Siapkan fisik yang sehat
2. Periksa kelayakan kendaraan
3. Tidak meminum obat obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk
4. Beristirahat setelah mengemudi 4 jam, selama 15 menit, demikian pula dengan pegemudi motor. Istirahat setiap 2 jam. Lakukan peregangan, agar kita kembali segar.
5. Jangan paksakan bila sudah mengantuk
6. Displin dan patuh rambu lalu lintas
7. Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang saat hujan dan cuaca buruk.
8. Kendaraaan tidak melebihi muatan yang layak
9. Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara
10. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal
11. Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan
12. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat
13. Buanglah sampah pada tempatnya
14. Tidak buang air kecil atau besar sembarangan

Topik Menarik