Tinjau Kesiapan Mudik di Kabupaten Garut, Menko PMK Imbau Masyarakat Lewat Jalur Selatan

Tinjau Kesiapan Mudik di Kabupaten Garut, Menko PMK Imbau Masyarakat Lewat Jalur Selatan

Nasional | indozone.id | Sabtu, 30 April 2022 - 09:45
share

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy meninjau kesiapan Kabupaten Garut dalam menangani pemudik di Posko Terpadu Pengamanan Lebaran 2022 Rest Area GTC Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022).

Dalam proses peninjauannya di Posko Terpadu GTC Limbangan, Muhadjir posko-posko dari masing-masing instansi terkait yang bersiaga dalam penanganan arus mudik.

Dia mendapatkan laporan dari Bupati Garut dan Kapolres Garut bahwa Kabupaten Garut telah memenuhi variabel kesiapan penanganan mudik, dan siap melayani pemudik yang akan datang dan melintas.

"Mulai dari tata kelola lalu lintasnya, ketersediaan BBM, kemudian kondisi Covid-19 di Kabupaten Garut yang sudah level 1, vaksinasi dosis lengkap di atas 90 persen, vaksinasi booster 3 sudah menuju 60 persen," kata Muhadjir dalam siaran persnya, Sabtu (30/4/2022).

Selain itu, Muhadjir juga mewanti-wanti agar seluruh stakeholder terkait bersiaga dalam menghadapi kejadian tak terduga dari perilaku pemudik dan bencana alam.

Apalagi Garut merupakan daerah yang rawan terjadi bencana alam seperti tanah longsor, bebernya.

Imbau pemudik lintasi jalur Selatan

Dalam kesempatan itu juga, Muhadjir mengimbau kepada para pemudik agar melewati jalur selatan. Sepanjang pemantauannya, Jalur Selatan masih terbilang sepi dilintasi oleh pemudik.

Oleh sebab itu, dia meminta agar media massa ikut mengampanyekan Jalur Selatan sebagai alternatif jalan menuju kampung halaman.

Selain sebagai jalur alternatif, Jalur Selatan juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, serta pemandangan yang indah.

"Memang koneksinya masih ada beberapa ruas yang sulit. Tetapi sulitnya tidak lama karena akan mendapatkan jalan yang lurus tidak banyak hambatan. Mestinya ini kesempatan baik untuk pemudik menikmati Jalur Selatan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik