Unsur Utama dalam Tari Ada Apa Saja? Ini Penjelasannya

Unsur Utama dalam Tari Ada Apa Saja? Ini Penjelasannya

Nasional | inewsid | Kamis, 14 April 2022 - 12:18
share

JAKARTA, iNews.id - Unsur utama dalam tari adalah wiraga, wirama, wirasa dan wirupa. Agar semakin paham maksudnya, pelajari materi tersebut di sini.

Melansir buku Seni Tari Berkarakter Islami untuk Anak Sekolah Dasar karya Arina Restian, unsur utama dalam tari adalah komponen dasar dan vital yang harus dimiliki dalam tarian, sehingga apabila komponen tersebut tidak ada, maka tidak tercipta keharmonisan.

Makna dari tarian itu tidak akan tersampaikan kepada penonton secara sempurna. Keberhasilan tarian yang dibawakan tergantung pada unsur utama yang juga menjadi penilaian penting jika dipertunjukkan pada ahli seni.

Unsur Utama Dalam Tari Adalah?

Penjelasan empat unsur utama dalam tari adalah sebagai berikut:

Unsur utama dalam tari adalah Wiraga. Unsur ini dalam bahasa Jawa adalah raga yang bermakna gerakan tubuh yang dinamis, ritmis dan memiliki unsur keindahan atau estetis.

Gerak harus ditonjolkan dalam sebuah tarian. Gerakan dalam tari terbagi menjadi dua, yaitu gerak murni dan gerak maknawi.

Gerak murni adalah gerakan yang tidak memiliki tujuan tertentu. Sedangkan gerak maknawi adalah gerakan yang memiliki makna atau maksud yang mendalam.

Seni tari tidak akan bermakna bila tanpa gerakan, karena gerakan adalah komponen penting yang harus ada. Ketika penonton melihat gerakan penari dalam pertunjukan, maka mereka dapat menebak karakteristik dan watak peran penari.

Contoh wiraga adalah ketika penari wanita memutarkan pergelangan tangannya bermakna keluwesan atau kelembutan. Jika berkacak pinggang memiliki arti kekuasaan dalam karakter penari pria.

Wirama adalah irama musik yang akan melengkapi gerakan yang indah. Dengan adanya irama musik yang mengiringi penari, gerakan akan lebih bermakna dan terciptanya harmonisasi dan keindahan pertunjukan tari.

Ketukan tempo dalam irama juga dapat digunakan sebagai tanda penari kapan harus mengganti gerakan atau berhenti. Bentuk iringan irama bisa merupakan rekaman musik, kemudian dari instrumen musiknya langsung seperti kecapi, seruling, tepukan tangan, hentakkan kaki dan nyanyian.

Selanjutnya, unsur utama dalam tari adalah Wirasa yang artinya rasa. Dalam seni tari adalah bagaimana penari dapat menghayati dan menyampaikan perasaan kepada penonton melalui ekspresi wajah dan gerakan.

Pendalaman karakter menjadi penting, karena karakter sudah terbangun dan diekspresikan melalui mimik wajah yang selaras dapat segera tersampaikan pesan dalam tarinya. Contohnya gerakan lemah gemulai dimainkan untuk gadis desa dengan mimik yang lugu.

Unsur wirasa menjadi unsur yang tidak dapat dipisahkan dari wiraga dan wirama. Dalam seni tari, wirasa harus ada agar pesan dan makna tarian tidak akan tersalurkan kepada penonton.

Ekspresi melalui mimik wajah serta pendalaman karakter harus bisa disampaikan oleh penari disebut wirupa. Hal ini sama pentingnya dengan wiraga, wirama dan wirasa dalam tari yang saling melengkapi agar penonton memahami apa yang sebenarnya ingin disampaikan oleh penari.

Apa Saja Unsur Pendukung dalam Tari?

Setelah mengetahui unsur utama dalam tari, adapun unsur pendukung tari. Di antaranya adalah gerakan, musik pengiring,tata rias, tata busana, properti dan setting panggung.

Demikian penjelasan mengenai unsur utama dalam tari adalah wiraga, wirama, wirasa dan wirupa. Semoga dapat membantu proses belajarmu.

Topik Menarik