Menparekraf Sandiaga Uno Motivasi Santri Ponpes Nurul Haramain NWDI

Menparekraf Sandiaga Uno Motivasi Santri Ponpes Nurul Haramain NWDI

Terkini | mataram.inews.id | Jum'at, 26 April 2024 - 16:00
share

Lombok Barat,iNewsmataram.id- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin memotivasi ribuan santri Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Narmada, Lombok Barat.

Dia mendorong seluruh santri bersikap inovatif, kreatif, dan adaptif dalam menyongsong era persaingan bebas. "Melalui digitalisasi mari kita lebih kreatif dan produktif. Saya lihat Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI ini punya semangat dan sangat kreatif," ujar Sandiaga Uno di Lombok Barat Jum'at (26/4/2024).

Sandiaga Uno disambut gegap gempita ribuan santri Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI. Dia menghadiri acara Santri Digitalpreneur Indonesia 2024 dengan Thema "Generasi Kreatif, Berdaya Saing".

Dia menilai ada upaya untuk meningkatkan kreativitas santri. Salah satunya yakni dukungan berbagai pihak. Lagipula, saat ini banyak kelompok yang punya program mendukung kreativitas melalui digitalisasi.

 

"Santri harus punya visi tongkat digitalisasi. Di sini banyak komunitas yang menunjang kreativitas seperti ada ekonomi digital bersama mas Deri," ungkapnya.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Narmada TGH Hasanain Juaini menyambut baik kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno. Menurutnya, terdapat banyak gagasan dari pondok pesantren untuk menunjang kreativitas santri.

"Kami saat ini memiliki lahan seluas 7 hektare yang berpotensi untuk dikembangkan. Sementara ini kami menanam pohon salam yang daunnya bisa diekstrak dan dijadikan bumbu masak. Termasuk akan mengembangkan sungai terbersih di NTB yang berpotensi menjadi kawasan wisata dan tenaga listrik," ujar Hasanain Juaini.

Dia memaparkan filosofi tongkat dalam buku kisah sejarah yang ditulis Hajjaj Yusuf Saqofi. Menurutnya, 1000 pertanyaan tentang tongkat akan menuai banyak jawaban.

 

Tongkat bisa berguna untuk menghalau binatang buas, mengukur kedalaman air sungai, menopang tubuh, hingga berfungsi jadi tempat jemur pakaian.

Terkait itu, pihaknya akan berupaya maksimal untuk terus meningkatkan kreativitas santri Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI, Narmada.

Sejauh ini, para santri sudah dibekali beragam ilmu baik di bidang pertanian, seni budaya, dan digitalisasi.

"Kami optimistis santri Pondok Pesantren Nurul Haramain akan menjadi santri kreatif untuk menyongsong masa depan menuju Baldhatun Thoyyibatun Warabbun Gofur," paparnya.

Topik Menarik