Loading...
Loading…
Bupati Barru Salurkan Bantuan Logistik ke Korban Banjir Mallusetasi

Bupati Barru Salurkan Bantuan Logistik ke Korban Banjir Mallusetasi

Nasional | rakyatku | Selasa, 08 Maret 2022 - 11:55

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh, meninjau dan menyerahkan bantuan kebencanaan di titik banjir, Senin (7/3/2022). Ada beberapa titik banjir di Kecamatan Malusettasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, disebabkan tingginya intensitas curah hujan.

Titik banjir tersebut di antaranya di Dusun Pucanra, Kelurahan Bojo Baru, terdapat 38 rumah terdampak. Kemudian di Lojie dari lima warga yang terdampak, terdapat dua rumah rusak berat.

Hujan juga mengakibatkan air sungai meluap dan pada saat bersamaan air laut pasang sehingga banjir tak terelakkan.

Saat menemui korban banjir, Suardi menyerahkan bantuan kepada dua kepala Keluarga di Kelurahan Mallawa, Kecamatan Malusettasi. Rumah korban rusak berat dihantam ombak

Suardi menyampaikan rasa prihatin atas kejadian banjir kemarin yang terjadi di Mallusetasi.

"Untuk itu, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Barru kami turun memberikan bantuan sebagai bentuk empati dan kepedulian kepada masyarakat yang tertimpa musibah tersebut," ujarnya.

Tentunya, kata dia, tidak ada yang menginginkan sebuah musibah terjadi, karena itu atas kehendak Allah Swt. Ia berharap dengan musibah ini semua warga bisa tetap bersabar.

"Sabbarakki, kita ambil hikmah dari segala cobaan yang menimpa kita," ucapnya.

Ia juga memaparkan agar bantuan yang diserahkan bisa meringankan beban warga terdampak bencana.

"Kita minta juga pemerintah Kecamatan Mallusetasi, kelurahan, dan kepala desa setempat untuk memperhatikan kondisi warganya," pintanya.

Selain itu, ia juga mengajak Baznas untuk ikut membantu warga yang tertimpa musibah banjir.

Selanjutnya, Suardi memerintahkan kepada Kepala Dinas PU Barru untuk mendampingi tim Balai Besar mengecek langsung kondisi aliran sungai yang mengakibatkan banjir di Pucanra, Kelurahan Bojo Baru.

Sementara, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, Jaya Sukarno, yang turut hadir di lokasi menyampaikan akan membantu penanganan sungai yang mengakibatkan banjir khususnya di Bojo Baru ini.

"Kita akan membantu untuk menangani hal ini untuk meminimalisir luapan susulan. Kami akan teruskan ini ke pusat agar penanggulangan ini bisa dilakukan secepatnya," katanya.

"Akan tetapi, kita berharap agar warga sekitar terus waspada guna mengantisipasi banjir susulan yang dapat menggenangi rumah warga," imbaunya.

Turut hadir mendampingi Bupati Barru, yakni Kepala Dinas Sosial Barru, Andi Makmun Aksa, Kepala Dinas PU, Baharuddin, Plt. Kepala BPBD, Andi Jalil Mappiare, dan Komisioner Baznas, Minu Kalibu.

Selain itu, Camat Mallusetasi, Nompo Nasruang, Kepala Kelurahan Mallawa Mahyuddin, Kepala Desa Bojo, Arifin Tinulu, dan Kepala Kelurahan Bojo Baru, M. Yunus. (*)

Original Source

Topik Menarik