Loading...
Loading…
Semakin Dipercaya Masyarakat Indonesia, ZIS Lazismu DIY Tahun 2022 Mencapai Rp 37,6 Miliar

Semakin Dipercaya Masyarakat Indonesia, ZIS Lazismu DIY Tahun 2022 Mencapai Rp 37,6 Miliar

Nasional | fornews.co | Jumat, 21 Januari 2022 - 12:53

YOGYA, fornews.co Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) semakin dipercaya masyarakat luas di Indonesia, terutama di DIY.

Melalui Pra Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Lazizmu Wilayah DIY dilaporkan sepanjang tahun 2021 Lazismu DIY telah melampaui jumlah penghimpunan ZIS yang ditargetkan.

Ketua Lazismu DIY, Cahyono, mengungkapkan total penghimpunan Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) mencapai 37,6 miliar dari penghimpunan yang ditargetkan sebanyak 27 miliar.

Melihat progres setiap daerah dan kantor layanan menjadi potret nyata semakin memberikan kepercayaan kepada Lazismu, ungkapnya.

Hal itu, sambungnya, membuktikan adanya peningkatan kepercayaan.
Pra Rakerwil secara daring pada Rabu (19/1/2022) di SD Muhammadiyah 3 Wirobrajan diikuti oleh kantor daerah tingkat kabutapen/kota dan kantor layanan Lazismu se-DIY.

Setiap Lazismu daerah melaporkan kinerja program pada periode 2021 melalui program unggulan yang dijalankan setiap kantor layanan.

Dalam laporannya, setiap kantor daerah memiliki program unggulan memberikan pelayanan dengan pencapaian indikator keberhasilan melalui enam pilar Lazismu.

Enam pilar tersebut meliputi pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosisal dakwah, kemanusiaan dan lingkungan.

Dalam laporan tertulis yang masuk ke fornews.co, Lazismu Sleman menjadi wilayah penghimpunan terbesar mencapai 10,5 Miliar.

Lazismu Bantul 9 Miliar, Lazismu DIY 5,7 miliar, Lazismu Kota Yogyakarta 4,7 miliar, Lazismu Kulon Progo 3,9 miliar, dan Lazismu Gunung Kidul mencapai 3,8 miliar.

Manager Lazismu Bantul, Ary, melaporkan penghimpunan ZIS di Bantul sejak periode 2020 terus mengalami peningkatan.

Penghimpunan ZIS di Lazismu Daerah Bantul meningkat sekitar 70 persen dari tahun 2020, katanya.

Ary melanjutkan, peningkatan itu dari sisi infaq tahun 2020 sebanyak 3,5 miliar, sedangkan untuk tahun 2021 mencapai 7,28 miliar.

Namun, peningkatan penghimpunan tersebut berbanding lurus dengan peningkatan Muzaki (donatur) di setiap kantor layanan.

Muzaki digolongkan menjadi dua, Muzaki Individu mencapai 25.519 dan Muzaki Badan mencapai 2.900. Total Muzaki yang berdonasi ke Lazismu di DIY mencapai 28.419.

Muzaki di Gunung Kidul, misalnya. Pada periode 2021 meningkat hingga 256 yang sebelumnya hanya mencapai 30 Muzaki Badan pada periode 2020.

Sedangkan untuk Muzaki Individu mengalami peningkatan hingga 300 persen. Pada periode 2022 meningkat hingga 8.376 yang sebelumnya pada periode 2020 hanya mencapai 2.180

Syukur Alhamdulillah peningkatan penghimpunan di Lazismu Daerah Gunung Kidul meningkat termasuk Muzakinya, ungkap Ketua Lazismu Gunung Kidul, Wahyudi.

Keberhasilan itu sejalan dengan pencapaian penyaluran kepada penerima manfaat melalui kreatifitas Program Penyaluran dengan tujuan pengentasan kemiskinan.

Ketua Lazismu Gunung Kidul, Wahyudi, dalam laporannya juga mengatakan program bedah rumah di Gunung Kidul menjadi program yang menarik perhatian bagi para donatur.

Menjadi ciri khas program, bahkan jadi sorotan secara nasional,ujarnya.
Masih kata Wahyudi, di program lain saat kasus Covid-19 melonjak,

Lazismu Gunung Kidul turut membantu pemerintah memberikan bantuan generator oksigen kepada masyarakat.

Ini juga menjadi daya Tarik masyarakat terutama wilayah Gunung Kidul untuk saling bertaawun, ujarnya.

Dilaporkan sepanjang tahun 2021 terdapat 79.445 penerima manfaat terdiri dari 77.621 Mustahik Individu dan Mustahik Badan sebanyak 1.824.

Penyaluran tersebut digolongkan ke delapan asnaf, yakni fakir, miskin, amil, mualaf, riqab (hamba sahaya), gharim (orang yang terlilit utang), fisabilillah, dan ibnu sabil.

Perlu diketahui, Pra Rakerwil merupakan satu rangkaian Rapat Kerja Wilayah (Rakewil) Lazismu DIY yang berlangsung pada 21-23 Januari 2022.
Terkait Rakerwil Lazismu DIY,

Sekretaris Lazismu DIY, Jefree Fahana, mengatakan setiap laporan yang disampaikan dapat menginspirasi dan diambil hikmahnya.

Menjadi kegiatan silaturahmi dan dapat diambil hikmahnya, katanya.
Pihaknya berharap Lazismu dalam gerakannya terus semakin berkemajuan sehingga seluruh Lazismu lain dapat saling berbagi pengalaman program.

Laporan yang disampaikan sebagai insipirasi ilmu dan berbagi pengalaman program agar dapat memberikan pengetahuan kepada kantor yang lain, menjadi kegiatan silaturahmi dan ambil hikmahnya, pungkas Sekretaris Lazismu DIY, Jefree Fahana. (adam)

Original Source

Topik Menarik