Mengenal Babe Sani, Jenderal Berdarah Betawi yang Doyan Lawan Penjajah

Mengenal Babe Sani, Jenderal Berdarah Betawi yang Doyan Lawan Penjajah

Nasional | okezone | Sabtu, 27 April 2024 - 06:20
share

TOKOH militer asal Betawi, Letjen (purn) Muhammad Sanif dikenal sebagai prajurit yang paling doyan perang. Pria yang akrab disapa Babe Sani ini adalah tokoh asli Betawi yang lahir di Kramat Jakarta Pusat, 16 Agustus 1928.

Berdasarkan data yang diolah dari berbagai sumber. Babe Sani merupakan anak dari pasangan Niming dan Samiah, Babe Sani dikenal sebagai keluarga pejuang saat zaman revolusi. Dia juga turut membela Tanah Air dari penjajah. Pamannya merupakan pejuang BKR Laut. Sementara, kakaknya Lili Suherli dan Siti Jumenah, juga ikut berjuang mengusir penjajah.

Aksinya di medan pertempuran menyabung nyawa melawan penjajah, membuat tokoh Kopassus LB Moerdani memuji semangat dan keberaniannya.

Tidak heran, setelah masa revolusi kemerdekaan, karier militernya pun cukup moncer sehingga menduduki berbagai macam jabatan strategis. Seperti Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad (1976-1977), Komandan Pussenif (1977–1979), Panglima Kodam XII/Tanjungpura (1979–1980).

Setelah itu, dia dipromosikan sebagai Panglima Kodam II/Bukit Barisan (1980–1981) dan Asisten Operasi Panglima ABRI. Babe Sani pensiun dengan pangkat 3 bintang di pundaknya atau Letnan Jenderal.

Topik Menarik