Solo Menari 2024 Padukan Kekayaan Seni Budaya dan Edukasi Sejarah Kota Surakarta Bertema Animal Movement

Solo Menari 2024 Padukan Kekayaan Seni Budaya dan Edukasi Sejarah Kota Surakarta Bertema Animal Movement

Terkini | mnctrijaya | Kamis, 25 April 2024 - 08:52
share

SURAKARTA  - Bertepatan dengan Hari Tari Sedunia, Pemerintah Kota Surakarta akan menyelenggarakan Solo Menari 2024 pada Senin (29/4/2024). Di penyelenggaraan Solo Menari 2024 kali ini, peserta akan melibatkan dan menghidupkan kreativitas pertunjukkan tari dari 15 sanggar tari di kota Solo. 

Akan tampil 200 penari dalam karya tari kolosal bertajuk ‘Animal Movement’ di acara pembukaan Solo Menari 2024. Solo Menari 2024 juga melibatkan sanggar dan komunitas tari dari beberapa kota di Indonesia, antara lain Yogyakarta, Sukoharjo, Karanganyar, Klaten, Magelang, Karawang, Indramayu, Cirebon, Depok, Jakarta Selatan, dan Biruen (Aceh), pada acara penutupan Solo Menari di Balaikota Solo.

Kreator Solo Menari 2024, Heru Mataya mengatakan, ‘Animal Movement’ sebagai tema Solo Menari 2024 ingin mengajak publik menziarahi situs Kebun Binatang Solo di masa lalu, yaitu Taman Sriwedari (1901-1972) dan Kebun Binatang Solo masa kini, yaitu Solo Safari. "Tema ini mengandung muatan edukasi historis bagi publik," sebut Heru.

Ia menyambung, pembeda ajang kali ini dari acara-acara sebelumnya ialah disertakannya tari kontemporer dalam pertunjukan yang bertujuan memperluas pandangan publik mengenai tari. Selain mengangkat tari bercorak seni tradisi, kesenian kontemporer juga perlu diberi ruang. 

Oleh karena itu, pada gelaran Solo Menari 2024 penonton akan disuguhkan pesona tari tradisional dan kontemporer dalam sebuah pertunjukan spektakuler.

Lebih jauh, Heru menyebut Solo Menari 2024 akan diadakan di tiga situs ruang publik yaitu Taman Sriwedari, Solo Safari, dan Balaikota Solo.

Acara yang bakal diadakan mulai pukul 16.00-22.00 WIB itu menghadirkan  beberapa penari nasional yang ikut dalam karya tari kolosal ‘Animal Movement’, yaitu Elly D. Luthan, Sarwi,  Iyeng,  Agus Pras, Agus Bimo,  Agus Bimo, Sri Widodo,  Sitras Anjilin,  Iwan Dadijono.

"Ibu Waldjinah juga akan berperanserta dalam pembukaan Solo Menari 2024di Taman Sriwedari. Juga Endah Laras akan menampilkan karya musiknya untuk berkolaborasi dengan beberpa penari pada acara penutupan Solo Menari 2024 di Balaikota Solo," paparnya.

Namun, ia mengatakan bahwa penyelenggaraan Solo Menari  tahun ini, tidak ada penari international yang terlibat pada Solo Menari 2024. 

Untuk lebih memeriahkan event Solo Menari kali ini, penyelenggara melibatkan 50 UMKM yang terkurasi untuk berpartisipasi. Ini sekaligus upaya untuk menggerakkan aktivitas ekonomi kreatif di Solo Menari 2024.

"Nantinya di Solo Menari 2024 akan ada pameran craft, kuliner dan fashion show, dan beragam hiburan lainnya,” cetusnya lagi.

Sebagai informasi, Solo Menari merupakan acara tahunan yang digelar Dinas Kebudayaan Surakarta dalam rangka peringatan Hari Tari Sedunia. Solo Menari digelar sejak tahun 2006 dan merupakan salah satu kegiatan kesenian di Surakarta yang ditunggu-tunggu banyak pihak. 

Setiap tahunnya, Solo Menari menampilkan tema dan atraksi berupa pertunjukan tari massal. Ajang ini selalu memanfaatkan ruang publik untuk arena pertunjukan dipandang sebagai sebuah keunikan. 

Pendekatannya adalah bagaimana penari atau kreator tari dari kalangan profesional sampai pehobi bisa menyatu dengan masyarakat saat acara Solo Menari berlangsung. Solo Menari pun bertujuan untuk menambah kunjungan wisata domestik maupun mancanegara agar tertarik menyambangi Solo yang terkenal sebagai kota sarat budaya. 

Untuk diketahui sebelum acara puncak Solo Menari 2024, diselenggarakan juga kegiatan pendukung yakni pada Sabtu, 27 April 2024 bertempat di Stage Solo is Solo, lokasinya tepatnya di Koridor Gatsu, Solo pada pukul 19.30. Lalu pada Minggu, 28 April 2024 akan berlangsung acara Solo Car Free Day dan Plus Size Menari, mulai pukul 07.00 berlokasi di depan loji gandrung soko.

Gelaran Solo Menari merupakan satu dari empat event Kota Solo yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024, yaitu Grebeg Sudiro, Solo Menari, Solo Keroncong Festival, dan International Mask Festival. KEN 2024 tahun ini mengusung tema Budaya Indonesia, di mana sebanyak 110 event terangkum dalam KEN 2024 tersebar di seluruh Indonesia.

 

Topik Menarik