Pidato Perdana sebagai Presiden Terpilih, Prabowo Sindir Anies: Senyuman Anda Berat Sekali

Pidato Perdana sebagai Presiden Terpilih, Prabowo Sindir Anies: Senyuman Anda Berat Sekali

Berita Utama | kutai.inews.id | Rabu, 24 April 2024 - 14:00
share

JAKARTA, iNewsKutai.id - Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan pidatonya usai ditetapkan KPU pada Rabu (24/4/2024). Dalam pidato perdananya, Prabowo Subianto menyindir pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Awalnya, Prabowo diberi kesempatan menyampaikan pidatonya setelah ditetapkan sebagai presiden terpilih bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden terpilih.

Prabowo mengaku bersyukur telah melalui proses demokrasi Pilpres 2024 di mana kedaulatan ada di tangan rakyat. Dia mengaku bersyukur terpilih dalam sistem kenegaraan dan sistem politik yang dipilih oleh pendiri bangsa.

Menurutnya, selama tahapan pilpres, kontestasi berlangsung dengan panjang dan panas. Dia pun tidak menampik jika ada sebagian kalangan yang tidak puas dengan hasil pilpres 2024.

"Kita semua lelah dan ada di antara kita yang tidak puas dan kecewa. Mas Anies dan Mas Muhaimin, saya pernah berada di posisi anda. Saya tahu senyuman anda berat sekali. Tapi ini yang diinginkan rakyat kita," kata Prabowo kepada Anies dan Cak Imin yang hadir di Gedung KPU.

 

Namun demikian, Prabowo tetap mengucapkan terima kasih kepada Anies dan Ganjar Pranowo atas kontestasi di pilpres 2024. Dia juga meminta maaf apabila ada kata-kata yang salah.

"Dan saya terima kasih kepada Mas Anies dan Muhaimin, juga saya terima kasih kepada Mas Ganjar dan Prof Mahfud," kata Prabowo.

Sekadar diketahui, Prabowo Subianto sudah tiga kali maju dalam pilpres sejak era reformasi. Pertama pada pemilu 2009 ketika berpasangan dengan Megawati Soekarnoputri.

Setelah itu, pada 2014, Prabowo kembali mencoba peruntungannya di pilpres berpasangan dengan Hatta Rajasa melawan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Lagi-lagi, Prabowo harus menelan pil pahit dan kalah di pilpres.

Pada pilpres 2019, Prabowo kembali bersaing dengan Jokowi. Ketua umum Partai Gerindra itu menggandeng Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden. Namun, Prabowo kembali merasakan pahitnya dikalahkan Jokowi yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin.

Prabowo akhirnya terpilih sebagai presiden pada kontestasi pilpres 2024 bersama Gibran Rakabuming melawan pasangan  Anies-Muhaimin dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Artikel ini telah tayang di inews.id

Topik Menarik