Musibah Kebakaran Menimpa Rumah di Permukiman Padat Penduduk Pusat Kota Kuningan

Musibah Kebakaran Menimpa Rumah di Permukiman Padat Penduduk Pusat Kota Kuningan

Terkini | kuningan.inews.id | Kamis, 28 Maret 2024 - 23:10
share

K UNINGAN,iNewsKuningan.id - Sebuah kebakaran melanda rumah milik Wawan Iswara (62) dan Nining (58) di Jalan Siliwangi Blok Pasar Barat, Lingkungan Cipicung, Kelurahan Kuningan, Kuningan, Jabar. Peristiwa kebakaran sendiri terjadi pada Kamis (28/3).

Menurut keterangan dari Kepala UPT Damkar Kuningan, Andri Arga Kusumah, kebakaran ini membutuhkan upaya pemadaman satu jam lebih dengan melibatkan tiga unit Randis Mobil Damkar dan anggota regu 2 dan regu 3.

Ia juga menjelaskan, bahwa penyebab kebakaran diduga berasal dari konsleting listrik di gudang belakang rumah tersebut. Untuk menghindari kejadian serupa, masyarakat diminta untuk waspada terhadap potensi kebakaran yang dapat disebabkan oleh faktor seperti tungku/gas, listrik, dan pembakaran sampah.

Dalam upaya pencegahan, pihaknya menegaskan pentingnya pemerintahan desa untuk membuat proteksi kebakaran di lingkungan pemukiman, seperti pemadam api ringan (APAR) dan tandon air. Selain itu juga dihimbau agar warga selalu memeriksa dan membersihkan selang gas dan regulator, serta menggunakan peralatan listrik yang standar untuk menghindari konsleting listrik.

Meskipun kerugian materi akibat kebakaran mencapai ditaksir Rp 289 juta, beruntung tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kejadian ini. Damkar Kuningan menekankan pentingnya segera melaporkan kebakaran ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kuningan atau melalui call center yang disediakan, sebagai langkah awal dalam penanganan darurat.

Layanan ini disediakan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun, sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat. (*)

Topik Menarik