Viral Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Bergaya Hedon, Ternyata Segini Uang yang Didapat Setiap Bulannya!

Viral Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Bergaya Hedon, Ternyata Segini Uang yang Didapat Setiap Bulannya!

Ekonomi | inews | Rabu, 1 Mei 2024 - 12:26
share

JAKARTA, iNews.id - Sosial media tengah diramaikan dengan ulah mahasiswa penerima bantuan KIP-Kuliah yang bergaya hedon. Padahal, KIP-Kuliah diperuntukkan bagi mereka yang kesulitan membiayai pendidikan.

Salah satunya dicuitkan oleh akun @undipfess yang menyertakan potongan gambar akun Instagram perempuan yang diduga sebagai penerima KIP-Kuliah bergaya hedon.

dips! (titipan) mau spill juga dong salah satu pengguna KIPK yang harusnya ngundurin diri juga, ignya jalan jalan di cafe, bajunya juga branded, gaya hidup hedon juga ternyata duit bantuan pemerintah, tulisnya dikutip iNews.id, Rabu (1/5/2024).

Tweet tersebut telah dilihat oleh 5,4 juta orang dan mendapat 29.000 likes. Bahkan, salah satu netizen merasa kecewa dengan kejadian ini karena merasa dirugikan.

Ini baru dari 1 kampus doang ya udah banyak bgt gimana kampus2 lain ???? sakit hati udah bayar pajak tp duitnya buat ngebiayain orang kaya, tulis @cinnamoroel.

Lantas, berapa uang yang didapat dari KIP-Kuliah setiap bulannya? Klik halaman selanjutnya>>>

Melansir pedoman KIP-Kuliah, penerima bantuan akan mendapatkan subsidi biaya hidup mulai Rp800.000 per bulannya. Semua besaran bantuan akan menyesuaikan standar biaya hidup di masing-masing daerah.

Diketahui, ada lima klaster wilayah dalam menentukan besaran bantuan, yaitu Rp800.000, Rp950.000, Rp1.100.000, Rp1.250.000, dan Rp1.400.000 yang mengacu hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS).

Tak cuma itu, penerima KIP-Kuliah juga akan mendapatkan biaya pendidikan per semester dengan ketemtuan sebagai berikut:

1. Prodi dengan akreditasi Unggul atau A atau Internasional maksimal Rp8.000.000 dan khusus prodi kedokteran maksimal Rp12.000.000.

2. Prodi dengan akreditasi Baik Sekali atau B maksimal Rp4.000.000.

3. Prodi dengan akreditasi Baik atau C maksimal Rp2.400.000.

Seluruh calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, diutamakan orang pertama dari keluarga miskin/rentan miskin yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi, tidak perlu khawatir melanjutkan studi ke perguruan tinggi di prodi unggulan dengan akreditasi terbaik karena dijamin pembiayaan pendidikan sampai lulus sesuai jangka waktu pemberian KIP Kuliah Merdeka, bunyi keterangan tersebut.

Topik Menarik