Franchise & License Expo Indonesia 2024 Hadirkan Peluang Bisnis untuk Entrepreneur

Franchise & License Expo Indonesia 2024 Hadirkan Peluang Bisnis untuk Entrepreneur

Ekonomi | inews | Selasa, 30 April 2024 - 13:51
share

JAKARTA, iNews.id - Di tengah ketahanan ekonomi yang kuat dengan pertumbuhan yang diproyeksikan mencapai 4,9 sampai 5 persen pada 2024, Panorama Media selaku penyelenggara dengan bangga mengundang para pengusaha, investor, dan penggemar bisnis untuk mengeksplorasi peluang bisnis di pameran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI). Pameran ini akan diadakan pada 10-12 Mei 2024 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran Hall D2.

Dengan konsep yang direnovasi, edisi ke-22 FLEI bertujuan untuk mengangkat reputasi acara ini menjadi lebih dari sekadar pameran franchise biasa.

Presiden Direktur Panorama Media Royanto Handaya mengatakan, FLEI bertekeda menyatukan berbagai elemen dari ekosistem peluang usaha ke dalam satu platform berupa 'business show' yang mencakup lima cabang usaha, yaitu bisnis Franchise, BizOps, IP Lisensi, Reseller/Distributor, dan Retail Solution.

"Hal ini menjadi alasan mengapa logo FLEI di rebrand dan juga tagline diubah menjadi Connecting Business. Sebagai penyelenggara, kami memiliki peran penting untuk menjembatani hubungan antara Sellers dengan Buyers serta memberikan pemahaman mendalam kepada calon atau young entrepreneur tentang bagaimana mencapai kesuksesan dalam beragam kondisi melalui program GRAB-RUN GROW, ujar Royanto Handaya.

Dalam konteks jangka panjang, Indonesia terus mengikuti rencana pembangunan 20 tahun yang mencakup peningkatan kapital manusia dan daya saing di pasar global.

Kami yakin bahwa dinamika pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini menawarkan peluang yang belum pernah ada sebelumnya bagi pengembangan bisnis franchise & lisensi, yang dimana dapat mendorong inovasi dan kewirausahaan di seluruh negeri, kata Levita G Supit Ketua umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) dan Wakil Ketua Komite Tetap, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia).

Terlebih lagi dengan dukungan dari Kementerian Perdagangan, di mana Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) sudah dipersingkat menjadi minimal tiga tahun.

Industri Franchise di Indonesia menjadi terus berkembang, menawarkan peluang yang sangat menjanjikan bagi pengusaha yang ingin memanfaatkan kekuatan merek yang sudah terbukti dan model bisnis yang efektif, kata Burang Riyadi Franchise Consultant, Franchise Academy Indonesia.

Hal ini membuat bisnis franchise semakin menarik bagi yang mencari investasi di franchise yang dinamis dan terus berkembang.

Ketertarikan konsumen sudah dirasakan oleh kami sebagai bisnis franchise F&B, di mana sekarang konsumen semakin memilih kenyamanan dan kualitas terjamin untuk membuat bisnis daripada memulai dari awal, ujar Valentino Ivan, Founder KAIA Group & FnB Expert.

Maka dari itu, dengan tema Connecting Business, FLEI hadir untuk merangkul setiap entrepreneur, menyambut setiap ide kreatif, dan mewujudkan setiap impian bisnis. Berikut adalah tiga highlight program dan aktivitas dalam pameran FLEI:

1. Promo eksklusif yang ditawarkan langsung oleh exhibitor/tenant

Pameran FLEI disambut baik oleh para brand. Tenant yang bergabung pada pameran ini lebih dari 200 brand dari beragam industri, di antaranya food and beverage, retail, automotive, edukasi, dan juga jasa layanan. Tidak hanya itu, setiap brand juga memberikan program yang menarik serta promo eksklusif yang hanya bisa didapatkan pada pameran FLEI.

Skema bisnis yang ditawarkan juga beragam dan dinamis, membuat pameran FLEI tidak boleh dilewatkan bagi para calon wirausaha dan entrepreneur yang ingin mendapatkan peluang bisnis.

2. Grab Run Grow Konferensi

Program Grab Run Grow menjadi program yang ditunggu-tunggu oleh para business seekers. Untuk edisi kali ini, konferensi akan dihadiri oleh puluhan pembicara pakar bisnis. Para pengunjung bisa mendapatkan wawasan mendalam tentang manajemen franchise, strategi pemasaran, dan langkah-langkah praktis untuk memperluas bisnis dalam segi operasional maupun sumber daya manusia.

Dengan mendengarkan langsung dari para ahli industri dan inspirator bisnis yang sukses, para pengunjung akan mendapatkan pengetahuan yang bisa diterapkan dalam bisnis mereka.

Hal ini selaras dengan buku Franchise Selection yang segera rilis pada saat konferensi FLEI, merupakan karya Cooky T Adhikara dari Cervo.id, Evi Diah Puspitawati dan Wahdi Fakhrozy dari Franchise Academy Indonesia (FAI) yang berisikan cara jitu bagaimana memilih bisnis waralaba yang baik.

Di samping itu, dalam konferensi ini, tema lisensi juga menjadi sorotan bagi para pengunjung. Pasalnya, pengunjung akan memiliki kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai lisensi, termasuk studi kasus maupun kisah sukses dari pemilik brand dan juga pemilik IP.

Tidak hanya itu, ada juga strategi praktis dalam berkolaborasi dengan IP untuk mengembangkan bisnis. Ini adalah kesempatan bagi para pengusaha untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang bagaimana memanfaatkan lisensi sebagai alat strategis untuk pertumbuhan dan kesuksesan suatu bisnis.

3. Inovasi Berkelanjutan: Kolaborasi

Tidak berhenti pada pameran maupun konferensi, FLEI juga bekerja sama dengan Hai DUDU sebagai salah satu IP Collaborator. Kerja sama ini dilakukan untuk mempromosikan lisensi lokal Indonesia dan memajukan industri kreatif Indonesia dalam segi dunia bisnis. Dengan begitu, para kreator Indonesia dapat memahami bagaimana bisa berpenghasilan dengan hasil karyanya.

Selain mendorong industri kreatif, FLEI juga mendorong generasi muda dalam kesadaran lingkungan dan bisnis berkelanjutan dengan membuat Ecopreneur Challenge yang juga didukung oleh WALI, KADIN, TES, dan juga Demi Bumi. Kedua inovasi program dari FLEI ini adalah gerakan untuk terus memajukan lisensi Indonesia, sustainability, dan juga generasi muda.

Antusias pameran FLEI bukan hanya dari penyelenggara, tetapi juga para pendukung, di antaranya KADIN, WALI, Franchise Academy Indonesia, Kementerian Perdagangan Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Koperasi UKM.

FLEI turut menggandeng beberapa komunitas bisnis dan asosiasi, seperti TES, Finansialku, TDA, Cervo, Ilmu Keuangan, Hippindo, dan juga APRINDO untuk ikut meramaikan pameran FLEI. Berkolaborasi juga dengan beberapa mitra-mitra terpercaya seperti Top Coach Indonesia, Gowork, Crystalin, Jumpstart, Undangin, The 1O1 hotel & resorts, dan INFIA.

"Dengan pasar Indonesia yang berkembang pesat dan serta dukungan dari para mitra-mitra, kami yakin FLEI adalah tempat yang tepat untuk menggali peluang bisnis yang tak terbatas. Bergabunglah bersama ribuan entrepreneur dan pemimpin bisnis lainnya, serta jadilah bagian dari momentum luar biasa ini, tutur Royanto Handaya.

(Foto: dok FLEI)
(Foto: dok FLEI)

Cara Registrasi FLEI Edisi ke-22 2024

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan peluang bisnis terbaik dan juga mendapatkan wawasan inovasi terbaru dari ratusan merek industri bisnis dalam pameran waralaba dan lisensi FLEI edisi ke-22 2024 yang akan berlangsung pada 10-12 Mei 2024, di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran Hall D2.

Pameran dibuka untuk umum mulai pukul 10:00 sampai 20:00 WIB dengan tiket masuk Rp 60.000 per orang. Segera daftarkan diri dengan mengunjungi website resmi kami di www.franchise-expo.co.id/ticket.

Setelah daftar, pengunjung juga bisa mengakses program BizMatch yang akan diberikan akses untuk berkomunikasi langsung dengan exhibitor untuk mengatur jadwal meeting maupun melihat berbagai promo. Langkah-langkah untuk mengakses BizMatch akan dijelaskan setelah proses pembelian tiket.

Untuk informasi lebih lanjut dapat follow instagram FLEI di @fleiexpoid dan @fleibisnis.

Topik Menarik