RI dan Kanada Bakal jadi Pengendali Bersama Vale Indonesia

RI dan Kanada Bakal jadi Pengendali Bersama Vale Indonesia

Ekonomi | inews | Minggu, 21 April 2024 - 11:35
share

JAKARTA, iNews.id - Kesepakatan pemegang saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) atas rencana penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) semakin mendekatkan langkah divestasi saham kepada MIND ID. Nantinya, setelah transaksi selesai Indonesia dan Kanada akan menjadi pengendali bersama.

Status kepengendalian bersama atau joint controller ini meniadakan kewajiban bagi MIND ID untuk melakukan penawaran tender wajib, yang disyarakatkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 9 tahun 2018.

Setelah penyelesaian transaksi, MIND ID dan VCL akan menjadi pengendali bersama (joint controller) secara langsung di perseroan, kata manajemen INCO dalam keterbukaan informasi, dikutip Minggu (21/4).

Saat ini Vale Indonesia belum mengumumkan harga pelaksanaan final atas rights issue.

Prospektus dalam rangka HMETD akan disediakan kepada pemegang saham yang berhak pada waktunya, tutur manajemen.

Secara detail divestasi saham Vale Indonesia kepada MIND ID terdiri atas 2 transaksi. Pertama adalah transaksi saham baru, di mana seluruh sertifikat/bukti rights yang dimiliki oleh Vale Canada Limited (VCL), Sumitomo Metal Mining (SMM), dan Vale Japan Limited (VJL) akan dialihkan kepada MIND ID.

Nantinya, MIND ID akan membeli dan melaksanakan rights tersebut sebagai bagian dari transaksi saham baru.

Transaksi kedua adalah transaksi saham lama yakni pengalihan. MIND ID juga akan membeli dan menerima pengalihan sebagian saham INCO yang dimilikii VCL, SMM, dan VJL.

Setelah transaksi selesai, MIND ID akan memperoleh saham tambahan sebesar 14 persen, sehingga menjadi pemegang saham tunggal terbesar INCO dengan kepemilikan saham sebesar 34 persen.

Topik Menarik