IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat, TLKM-ELSA Jadi Rekomendasi

IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat, TLKM-ELSA Jadi Rekomendasi

Ekonomi | inews | Selasa, 21 Mei 2024 - 08:06
share

JAKARTA, iNews.id - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini berpotensi menguat pada sepanjang perdagangan. Pergerakan indeks saham akan berada di kisaran 7.254-7.300.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto menuturkan, dari perdagangan sebelumnya, pergerakan bervariatif, IHSG mencoba melalui sesi 1 dengan penguatan namun pada sesi 2 perdagangan kemarin harus terpukul jatuh kembali.

"Jika terfokus pada pergerakan IHSG saja, kita bisa mengatakan bahwa pelemahan kemarin tidak termasuk pelemahan yang berbahaya, karena terukur secara teknikal dimana candlestick IHSG masih bertahan di atas MA5," kata William dalam analisisnya, Selasa (21/5/2024).

William menambahkan, sebagian pelaku pasar percaya bahwa hubungan pelemahan IHSG kemarin adalah efek kematian Presiden Iran dalam kecelakaan helikopter.

Ditambah lagi sempat ada penguatan sesaat pada komoditas minyak, sehingga terkesan terlalu cocok IHSG melemah dengan adanya sentimen tersebut.

"Namun hal ini ternyata tidak cocok, karena sebagai sentimen eksternal, berita duka ini tidak membuat bursa luar negeri melemah, hanya IHSG saja. Maka bisa disimpulkan bahwa pelemahan IHSG adalah sepenuhnya faktor dari IHSG itu sendiri," tuturnya.

Secara teknikal, mengalami pelemahan yang merupakan koreksi sehat, IHSG masih bertahan dalam tren naik di atas MA5 dan MA20. Sedangkan untuk sentimen, belum ada sentimen baru yang perlu diperhatikan saat ini.

"Pelemahan yang terjadi kemarin, menjadi kesempatan buy on weakness bagi yang masih memiliki saham favorit dan belum sempat membelinya," katanya.

Sebelumnya, IHSG ditutup melemah sebesar -50,54 poin (-0,69 persen) menuju 7.266,69 pada perdagangan hari Senin, 20 Mei 2024. Sebanyak 266 saham menguat, 290 saham menurun, dan 227 saham tidak mengalami perubahan harga pada perdagangan kemarin.

Berikut saham-saham yang direkomendasikan secara teknikal:

MAIN, buy, support 610, resistance 660.
Trend following dengan posisi candlestick menguat di atas MA5 dan MA20.

UNIQ, sell on strength, support 400, resistance 486.
Indikasi melemah dari pembentukan dead cross pada MA5 dan MA20.

TLKM, wait and see, support 2800, resistance 3200.
Masih dalam tren melemah, candlestick menurun di bawah resistance MA5 dan MA20.

ELSA, buy, support 448, resistance 468; 474.
Trend following dengan posisi candlestick menguat di atas MA5 dan MA20.

Topik Menarik