Aksi May Day 2024, 50.000 Buruh Bakal Geruduk Istana

Aksi May Day 2024, 50.000 Buruh Bakal Geruduk Istana

Terkini | inews | Sabtu, 27 April 2024 - 00:30
share

JAKARTA, iNews.id - Partai Buruh bersama Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) bakal melakukan aksi May Day atau peringatan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2024 mendatang. Sebanyak 50.000 buruh dari Jabodetabek bakal turun ke jalan di Jakarta. 

Presiden Partai Buruh yang juga Presiden KSPI, Said Iqbal menyebut, aksi tersebut akan dilakukan di depan Istana mulai pukul 9.30 sampai dengan 12.30 WIB.

“Setelah itu, pukul 12.30 massa aksi 50.000 buruh akan bergerak dari Istana ke Istora Senayan untuk merayakan May Day Fiesta,” kata Said Iqbal, Jumat (26/4/2024).

Said menyebut, aksi May Day ini juga juga akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia dengan melibatkan total ratusan ribu buruh, antara lain di Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogja, Batam, Medan, Banda Aceh, Palembang, Padang, Bengkuku, Pekanbaru, Jambi, Lampung, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Pontianak, Makassar, Konawe, Morowali, Gorontalo, Ambon, Ternate, Jayapura, Mimika, Lani Jaya, Tolikara dan sebagainya.

“Terdapat dua isu utama yang akan disusung dalam aksi ini. Pertama, cabut Omnibus law UU Cipta Kerja. Sedangkan isu yang kedua adalah HOSTUM: Hapus OutSourcing Tolak Upah Murah,” ujar dia.

Nantinya, aksi May Day ini akan diisi dengan orasi kebangsaan dari pimpinan serikat buruh.

“Untuk May Day Fiesta, akan diselenggarakan di Istora Senayan dan diisi oleh orasi-orasi. Di antaranya adalah orasi kebangsaan Presiden Partai Buruh dan orasi pimpinan serikat buruh,” kata dia.

Topik Menarik