Begini Cara Shin Tae-yong Bikin Timnas Indonesia U-23 ke Semifinal Piala Asia U-23 2024

Begini Cara Shin Tae-yong Bikin Timnas Indonesia U-23 ke Semifinal Piala Asia U-23 2024

Olahraga | inews | Jum'at, 26 April 2024 - 19:41
share

DOHA, iNews.id Bagaimana cara Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia U-23 menembus semifinal Piala Asia U-23 2024?

Sebelum terbang ke Qatar untuk melakoni turnamen ini, pelatih asal Korea Selatan itu menancapkan target mencapai semifinal, tak kurang. Padahal, PSSI hanya menargetkan dia mengantar Indonesia ke perempat final saja.

Kenyataannya, Shin Tae-yong (STY) tak asal ngomong. Timnas Indonesia U-23 benar-benar lolos ke semifinal setelah menyingkirkan Korea Selatan melalui adu penalti 11-10, setelah kedua tim imbang 2-2 hingga perpanjangan waktu di di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Usai pertandingan, STY mengatakan, lolos ke empat besar merupakan sebuah prestasi yang selama ini dia yakini. Sebab, dia sangat mengenal kemampuan anak asuhnya sejak memulai kinerjanya pada awal 2020.

Ernando (Ari), Rizky (Ridho), (Pratama) Arhan, semua pemain ini (dan banyak lagi) sudah bersama saya selama empat tahun, ujar STY usai laga, dikutip situs resmi AFC, Jumat (26/4/2024).

Saya mengenal mereka dengan sangat baik dan satu-satunya hal yang perlu saya berikan kepada mereka adalah motivasi. Jika saya bisa melakukan itu, saya yakin kami bisa mendapatkan hasil bagus, ucapnya.

Saya mengatakan kepada anak-anak saya untuk mempercayai saya dan mengikuti saya dan (bersama), kami bisa mencapai final. Saya pikir kepercayaan diri yang saya berikan kepada para pemainlah yang telah membawa kami sejauh ini.

Kemenangan atas Korea Selatan menjadikan Indonesia menjadi tim berbeda ke-10 dalam sejarah yang mencapai semifinal. Hasil ini melambungkan asa STY bersama Timnas Indonesia.

Arsitek 53 tahun itu pun memberi isyarat akan menandatangani perpanjangan kontrak dengan PSSI. Dia menyebut, kemajuan sepak bola Indonesia dalam beberapa tahun terakhir membuat mereka kini mampu bersaing di level Asia.

Sepak bola Indonesia sedang naik daun, berkembang dan sekarang saya yakin siapapun lawan kita bisa bersaing, kata STY.

Persiapan kami untuk kualifikasi Olimpiade berjalan dengan baik dan dalam kaitannya dengan Kualifikasi Piala Dunia mendatang, target saya adalah kami memainkan dua pertandingan bagus di bulan Juni dan lolos ke Putaran 3; mohon berhati-hati terhadap kami dan kami akan mencoba melakukan pekerjaan dengan baik.

Topik Menarik