Kenapa Israel Serang Isfahan, Ternyata Ini Alasannya!

Kenapa Israel Serang Isfahan, Ternyata Ini Alasannya!

Terkini | inews | Sabtu, 20 April 2024 - 16:05
share

JAKARTA, iNews.id - Kenapa Israel serang Isfahan jadi perhatian banyak orang akhir-akhir ini. Kedua negara masih bersitegang dan saling melakukan serangan. 

Israel dilaporkan telah melancarkan serangan militer ke wilayah Iran, Kota Isfahan pada Jumat, 19/4/2024. Serangan ini terjadi setelah Israel menyerang Iran menggunakan 300 drone dan rudal beberapa waktu lalu. 

Adapun, serangan yang dilakukan Israel kepada Iran ini dimaksudkan sebagai balasan atas serangan Israel ke Konsulat Iran yang terletak di Kota Damaskus, Suriah, pada 1 April 2024 lalu. Diketahui jika serangan ini menewaskan dua jenderal Iran. 

Kenapa Israel Serang Isfahan

Lantas, mengapa Israel menyerang Kota Isfahan? Menurut berbagai sumber, Jumat (20/4/2024), serangan yang dilakukan Israel yang menyasar salah satu pangkalan Militer Iran ini dianggap sebagai sebuah gertakan. 

Israel menganggap jika kota Isfahan yang dijadikan sebagai pangkalan militer Iran merupakan wilayah pertahanan yang strategis. Maka dari itu, Iran menganggap jika kota itu penting dalam mengembangkan berbagai penelitian, salah satunya penelitian nuklir. 

Sebagai informasi, Kota Isfahan merupakan lokasi pangkalan udara militer Iran. Kota ini juga dikenal sebagai tempat produksi rudal besar, dan fasilitas nuklir.

Menurut media Pemerintah Iran, tiga ledakan keras terdengar di Kota Isfahan. Jika ditempuh dengan mobil akan memakan waktu sekitar empat jam atau 350 kilometer selatan ibu kota Iran, Teheran. 

"Setelah aktivasi pertahanan udara di beberapa bagian negara untuk menghadapi beberapa kemungkinan sasaran, laporan menunjukkan bahwa sejauh ini, tidak ada laporan serangan atau ledakan skala besar yang disebabkan oleh ancaman udara," menurut laporan media pemerintah Iran.

Televisi pemerintah Iran seperti dikutip Reuters, melaporkan jika tiga drone terlihat di langit Isfahan pada Jumat (19/04) dini hari dan berhasil dihancurkan setelah sistem pertahanan udara Iran diaktifkan. 

Demikian ulasan mengenai kenapa Israel serang Isfahan. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik