Turki Setop Semua Hubungan Dagang dengan Israel

Turki Setop Semua Hubungan Dagang dengan Israel

Berita Utama | inews | Kamis, 2 Mei 2024 - 01:00
share

ANKARA, iNews.id – Turki menghentikan semua hubungan dagang dengan Israel mulai pada Kamis (2/5/2024). Kabar itu diungkapkan Bloomberg News dengan mengutip dua pejabat Turki yang mengetahui masalah tersebut.

Laporan media itu menyebutkan, keputusan Ankara itu menuai reaksi keras dari Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz. Menurut diplomat Yahudi itu, Presiden Recep Tayyip Erdogan telah melanggar perjanjian bilateral dengan memblokir pelabuhan-pelabuhan Turki untuk kegiatan impor dan ekspor Israel.

“Beginilah perilaku seorang diktator, mengabaikan kepentingan rakyat dan para pengusaha Turki, serta mengabaikan perjanjian perdagangan internasional,” tulis Katz di platform media sosial X.

Katz mengatakan, dia telah menginstruksikan Kementerian Luar Negeri Israel untuk mencari alternatif perdagangan dengan Turki. Dia menekankan agar aktivitas perdagangan pengganti itu bisa difokuskan pada produksi lokal dan impor dari negara-negara lain.

Pada November lalu, Turki menarik duta besarnya untuk Israel. Penarikan tersebut dilatarbelakangi oleh serangan brutal pasukan zionis ke Jalur Gaza.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Turki pada waktu itu menyatakan, Israel telah memicu tragedi kemanusiaan secara terang-terangan di Jalur Gaza.

Topik Menarik