144 Kebakaran Terjadi di Jakarta selama Ramadhan, Paling Banyak di Jaktim

144 Kebakaran Terjadi di Jakarta selama Ramadhan, Paling Banyak di Jaktim

Terkini | inews | Sabtu, 20 April 2024 - 00:01
share

JAKARTA, iNews.id - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) DKI Jakarta mencatat 144 kebakaran terjadi selama bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah atau periode 12 Maret-9 April 2024. Kebakaran paling banyak terjadi di Jakarta Timur dengan 41 kejadian.

"Berdasarkan jumlah tersebut, kasus kebakaran di Jakarta telah mengalami penurunan frekuensi sebesar 4 persen dibandingkan dengan periode Ramadhan tahun sebelumnya yang berjumlah 150 kejadian," kata Kepala Disgulkarmat DKI, Satriadi Gunawan, Jumat (19/4/2024).

"Pada tahun 2024, Jakarta Timur menjadi wilayah dengan frekuensi tertinggi dengan jumlah 41 kejadian, disusul Jakarta Barat 33 kejadian, Jakarta Selatan 32 kejadian, serta 19 kejadian untuk wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara," tambahnya.

Satriadi menambahkan, turunnya angka kebakaran di DKI Jakarta karena sosialisasi pencegahan kebakaran yang dilakukan secara masif pada bulan Ramadhan.

“Untuk itu saya mengapresiasi seluruh Satuan Tugas (Satgas) Gulkarmat Kelurahan dan Kepala Sektor Gulkarmat Kecamatan yang giat melakukan sosialisasi," ujarnya.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan diri terhadap bahaya kebakaran. 

Apabila terjadi kebakaran, masyarakat segera melapor dengan menghubungi layanan Jakarta Siaga 112 atau mendatangi pos pemadam kebakaran terdekat. Layanan ini dapat diakses 24 jam dan gratis

Sebagai informasi, faktor penyebab kebakaran karena listrik masih menjadi yang tertinggi sebesar 90 kejadian, kemudian kebocoran gas 17 kejadian, rokok 6 kejadian, membakar sampah 3 kejadian, lilin 1 kejadian, dan lainnya 27.

Topik Menarik