Komentar Dunia atas Serangan Pembalasan Israel ke Iran

Komentar Dunia atas Serangan Pembalasan Israel ke Iran

Terkini | inews | Jum'at, 19 April 2024 - 19:46
share

JAKARTA, iNews.id - Israel menyerang Iran pada Jumat (19/4/2024) dini hari. Beberapa media Amerika Serikat (AS), seperti ABC News, Fox News, dan CNN, mengutip sumber pejabat, melaporkan Israel telah memberi tahu pemerintah AS pada Kamis mengenai serangan tersebut.

Meski demikian AS menegaskan tak terlibat dalam serangan tersebut. Hal itu juga ditegaskan para pejabat, termasuk Presiden Joe Biden, beberapa hari sebelumnya bahwa AS tak akan ikut dalam pembalasan yang dilakukan Israel.

Sejauh ini belum ada pejabat dari Iran maupun Israel yang mengeluarkan pernyataan resmi mengenai serangan drone di beberapa provinsi tersebut. Namun sumber pejabat Iran mengatakan masih mendalami sumber serangan. Berdasarkan analisis sementara, serangan dilakukan dari dalam wilayah Iran menggunakan drone berukuran kecil.

Sekalipun serangan dilakukan tak langsung dari wilayah Israel, bisa saja Negara Yahudi itu berada di baliknya. Seperti diketahui, serangan juga terjadi di beberapa fasilitas militer Suriah dan Irak.

Dunia merespons serangan itu dengan kekhawatiran dampaknya bisa meningkatkan eskalasi di kawasan yang sudah panas tersebut sejak perang Israel-Hamas pada 7 Oktober.

Berikut berberapa komentar para pejabat internasional mengenai serangan ke wilayah Iran:

Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen

“Sangat penting bagi kawasan untuk tetap stabil dan semua pihak bisa menahan diri dalam mengambil tindakan lebih lanjut.”

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak

“Eskalasi yang signifikan bukanlah kepentingan siapa pun. Apa yang kita ingin lihat adalah ketenangan di seluruh kawasan.”

Menlu Yordania Ayman Safadi

"Kami memperingatkan terhadap bahaya eskalasi di kawasan. Kami mengutuk semua tindakan yang mengancam, menyeret kawasan ke dalam perang. Pembalasan Israel-Iran harus diakhiri. Perang tidak manusiawi di Gaza harus diakhiri sekarang. Fokus dunia harus tetap pada mengakhiri agresi yang membawa bencana di Gaza."

Kanselir Jerman Olaf Scholz

“Deeskalasi tetap menjadi prioritas dalam waktu dekat. Kami juga akan membicarakan hal ini dengan semua rekan dan sekutu serta bekerja sama dengan mereka ke arah ini.”

Pernyataan Bersama Para Menlu G7:

“Kami mendesak semua pihak untuk berupaya mencegah eskalasi lebih lanjut. G7 akan terus berupaya mencapai tujuan ini.”

Uni Emirat Arab

“Kementerian (luar negeri) menegaskan pentingnya mencapai solusi substansial terhadap perselisihan dan krisis yang sedang berlangsung di kawasan yang bertujuan untuk meredakan ketegangan, selain menyelesaikan konflik melalui dialog dan saluran diplomatik, serta mematuhi supremasi hukum dan menghormati Piagam PBB."

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshimasa Hayashi

“Jepang sangat prihatin dengan situasi di Timur Tengah dan mengecam keras tindakan apa pun yang mengarah pada peningkatan situasi. Jepang akan terus melakukan semua upaya diplomatik yang diperlukan untuk mencegah situasi semakin memburuk.”

China

"China menentang tindakan apa pun yang meningkatkan ketegangan di Timur Tengah setelah serangan Israel terhadap Iran.

Topik Menarik