Daftar Terbaru Perusahaan yang Hengkang dari Rusia

Daftar Terbaru Perusahaan yang Hengkang dari Rusia

Ekonomi | inews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 07:35
share

MOSKOW, iNews.id - Sejumlah perusahaan Barat telah menjual aset mereka di Rusia atau menyerahkannya kepada manajer lokal untuk mematuhi sanksi atas perang di Ukraina. Hal ini juga dilakukan menanggapi ancaman dari Kremlin bahwa mereka mungkin akan menyita aset milik asing.

Langkah tersebut merupakan bagian dari eksodus korporasi yang lebih luas dari Rusia dan telah memicu kekhawatiran bahwa perusahaan dan institusi Rusia akan mengambil aset-aset berharga dengan harga murah.

Berikut daftar perusahaan berdasarkan sektor yang telah menjual bisnisnya di Rusia dikutip dari Reuters :

- Bank dan Asuransi

Societe Generale
Bank Perancis tersebut menjual bisnis Rosbank-nya ke Interros Capital Rusia pada Mei 2022. Perusahaan mengalami kerugian sebesar 3,1 miliar euro dari aksi korporasi tersebut.

- Energi

Shell
Perusahaan energi dan petrokimia Inggris telah menjual bisnis ritel dan pelumasnya di Rusia ke Lukoil pada tahun 2022.

- Kehutanan dan Kemasan

International Paper
Perusahaan telah menjual 50 persen sahamnya dalam usaha patungan kepada pemegang saham Rusia pada September 2023. Mondi dari Inggris menjual tiga operasi konversi kemasan ke Gotek Group seharga 1,6 miliar rubel dan setuju untuk menjual pabrik terbesarnya di Rusia kepada Sezar Invest seharga 80 miliar rubel.

Huhtamaki
Pembuat kemasan asal Finlandia ini telah menjual operasinya di Rusia seharga 151 juta euro dan perusahaan kehutanan Stora Enso keluar dari negara itu dengan penjualan tiga pabrik pengemasan bergelombang kepada manajemen lokal tahun lalu.

- Makanan dan Minuman

AB InBev
Perusahaan pembuat bir Belgia setuju untuk menjual sahamnya di perusahaan patungan AB InBev Efes pada April 2022, dengan kerugian penurunan nilai sebesar 1,1 miliar dolar AS.

Heineken
Perusahaan pembuat bir Belanda tersebut telah keluar dari Rusia setelah menjual operasinya di sana ke Arnest Group milik Rusia dengan harga simbolis 1 euro.

- Otomotif

Continental
Produsen suku cadang mobil tersebut menjual pabrik bannya di Rusia ke perusahaan induk Rusia S8 Capital pada Mei 2023.

Renault
Produsen mobil Prancis tersebut menjual saham mayoritasnya di Avtovaz ke negara Rusia pada 2022. Penjualan tersebut dilaporkan hanya dengan harga 1 rubel, tetapi dengan opsi enam tahun untuk membelinya kembali.

Volkswagen
Produsen mobil Jerman tersebut menyelesaikan penjualan pabrik produksi Kaluga dan anak perusahaan lokalnya pada Mei 2023.

- Restoran dan Eceran

Amrest
Operator restoran ini menjual bisnis KFC-nya di Rusia ke Smart Service seharga 100 juta euro pada Mei 2023.

IKEA
Grup Gazprombank membeli 14 pusat perbelanjaan MEGA di Rusia dari unit operator IKEA, Ingka Group dengan harga yang tidak diungkapkan.

Inditex
Moskow menyetujui penjualan bisnis pengecer fesyen Spanyol di Rusia kepada pembeli yang berbasis di Uni Emirat Arab ini pada April 2023. Pemilik Zara telah setuju untuk menjual lebih dari 500 tokonya pada Oktober 2022.

LPP
Grup fesyen tersebut menjual bisnisnya di Rusia pada Juni 2022 kepada konsorsium China dan mantan CEO perusahaan Rusia Re Trading. Harga toko tersebut ditetapkan sebesar 135,5 juta dolar AS yang dibayarkan selama empat tahun hingga tahun 2026, dan sebesar 1,2 miliar zlotys (303 juta dolar AS) untuk inventarisnya. LPP mencatat kerugian 600 juta zloty atas penjualan tersebut.

McDonald's
Jaringan restoran yang berbasis di AS ini menjual bisnisnya di Rusia pada tahun 2022, dengan biaya sebesar 1,28 miliar dolar AS.

- Tembakau

British American Tobacco
Produsen rokok Camel dan Lucky Strike menyampaikan pada 7 September 2023 bahwa akan menjual bisnisnya di Rusia dan Belarusia dengan harga yang tidak diungkapkan kepada konsorsium yang dipimpin oleh anggota tim manajemen lokalnya.

Imperial Brands
Grup tembakau Inggris mengalihkan bisnisnya di Rusia kepada investor yang berbasis di Rusia pada April 2022.

- Lain-lain

Embracer
Perusahaan game asal Swedia tersebut telah setuju untuk mendivestasi aset tertentu dari anak perusahaannya Sabre Interactive sebesar 247 juta dolar AS, sehingga menghentikan semua operasinya di Rusia.

Foraco International
Pengebor mineral Perancis tersebut mengatakan pada tanggal 18 Maret bahwa mereka telah keluar dari Rusia dengan menjual kepemilikan sahamnya di EDC Rusia, dan menambahkan bahwa kesepakatan tersebut menghasilkan laba bersih marjinal bagi perusahaan tersebut.

Polymental International
Produsen logam mulia Polymetal mengatakan pada 11 Maret bahwa pihaknya telah menyelesaikan penjualan bisnisnya di Rusia kepada penambang emas Siberia dalam kesepakatan senilai 3,69 miliar dolar AS, termasuk utang bersih bisnisnya sebesar 2,21 miliar dolar AS.

Veon
Operator telekomunikasi seluler yang terdaftar di Amsterdam, Veon pada 9 Oktober 2023 menyampaikan bahwa pihaknya telah menyelesaikan proses keluarnya dari Rusia dengan menutup penjualan bisnisnya di Rusia, Vimpelcom, kepada anggota senior tim manajemen Vimpelcom, yang dipimpin oleh CEO Aleksander Torbakhov.

Wienerberger
Perusahaan pembuat batu bata Austria tersebut telah keluar dari pasar Rusia dengan menjual pabriknya di wilayah Vladimir dan Tatarstan.

Xerox Holdings
Pembuat printer Xerox Holdings mengatakan pada 11 Oktober 2023 bahwa pihaknya telah menjual operasinya di Rusia kepada manajemen lokal dengan jumlah yang tidak diungkapkan.

Yandex NV
Pemegang saham Yandex NV, sebuah perusahaan terdaftar di Belanda yang mengoperasikan mesin pencari internet, pada tanggal 7 Maret menyetujui penjualan aset Rusia kepada konsorsium investor Rusia yang dipimpin manajemen senilai 475 miliar rubel yang menandai keluarnya perusahaan terbesar dari negara tersebut sejak Moskow menginvasi Ukraina dua tahun lalu.

Topik Menarik