Catat Jadwal dan Paket Penukaran Layanan Kas Keliling BI di Jabodebek, Ini Daftarnya

Catat Jadwal dan Paket Penukaran Layanan Kas Keliling BI di Jabodebek, Ini Daftarnya

Ekonomi | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 14:17
share

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) menyediakan program penukaran uang tunai untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri 2024 melalui gelaran 'Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024' di Istora Senayan, Jakarta.

Paket penukaran uang rupiah layanan kas keliling BI yang bisa ditukarkan oleh masyarakat untuk kebutuhan menjadi Rp4 juta. Sebelumnya, batas penukaran uang maksimal hanya Rp3,8 juta.

Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim, mengungkapkan bahwa Serambi 2024 adalah kali pertama bagi BI dan perbankan untuk melakukan program penukaran uang secara terpadu di satu titik.

Ia mengatakan, hal ini diterapkan berdasarkan hasil evaluasi dari pelaksanaan tahun lalu.

"Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan secara terpadu, bersama-sama serempak di satu tempat. Kalau tahun lalu, kami (BI) dan perbankan melakukan hal yang sama. Namun, di titik yang berbeda-beda," ujar Marlison di tempat penukaran uang BI Istora Senayan, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

BI akan menerapkan sistem paket untuk per orang per harinya. Dengan demikian, satu orang hanya dapat menukar uang tunai maksimal Rp4 juta per hari. Jika ingin menukar lebih dari Rp4 juta maka harus datang keesokan harinya

Sebagai informasi, satu paket yang dapat ditukar terdiri atas uang pecahan Rp1.000 sebanyak 100 lembar, pecahan Rp2.000 sebanyak 200 lembar, Rp5.000 sebanyak 100 lembar, Rp10.000 sebanyak 100 lembar, Rp20.000 sebanyak 50 lembar, Rp50.000 sebanyak 20 lembar.

BI juga menyediakan layanan tambahan meliputi penukaran UPK75RI dan penukaran menggunakan uang logam pada Kas Keliling Terpadu.

Untuk mekanisme penukaran sendiri, masyarakat bisa melakukan pendaftaran dan menentukan lokasi penykaran menggunakan Aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR) pada website www.pintar.bi.go.id.

Selain itu ada juga pemberian layanan secara go-show bagi masyarakat yang belum melakukan pendaftaran di PINTAR dapat dilakukan selama kuota masih tersedia.

Untuk layanan Kas Keliling di wilayah Jabodebek, BI membuka total layanan penukaran uang baru di 449 titik kas keliling.

Berikut Jadwal Layanan Kas Jabodebek yang masih tersedia.

28-31 Maret 2024 Kaskel Terpadu Istora Senayan

2-5 April 2024 BI Peduli Mudik: Rest Area KM 57

Topik Menarik