KAI Hentikan Sementara 5 Perjalanan Kereta Api Imbas Gempa di Garut

KAI Hentikan Sementara 5 Perjalanan Kereta Api Imbas Gempa di Garut

Ekonomi | inews | Minggu, 28 April 2024 - 08:44
share

JAKARTA, iNews.id - KAI menghentikan lima perjalanan kereta api (KA) di wilayah Daop 1 Jakarta sementara. Hal itu dilakukan imbas gempa yang mengguncang Garut, Jawa Barat (Jabar) Sabtu (27/4/2024) berkekuatan 6.5 magnitudo.

Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, pihaknya menghentikan sementara perjalanan lima kereta api yang melintas di wilayah Daop 1 Jakarta. Kebijakan itu untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Guna mengantisipasi dan memastikan perjalanan KA aman akibat gempa di Garut, perjalanan lima KA diperintahkan untuk berhenti luar biasa, tutur Ixfan, Minggu (28/4/2024).

Usai perintah berhenti luar biasa dari pusat pengendali, petugas dari Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) segera menindaklanjuti dan melakukan pengecekan.

Kemudian ASP, melaporkan sudah tidak terasa gempa dan pengecekan terhadap jalur rel dan jembatan dinyatakan aman.

Pukul 23.50 WIB, lintas Jakarta kota-Pasar Senen-Jatinegara-Cikampek dinyatakan aman dan pada pukul 23.53 KA berjalan kembali.

Kemudian, pukul 00.15 lintas Tanahabang-Rangkas-Merak dinyatakan aman dan pada pukul 00.20 KA bisa berjalan kembali, dan Pukul 00.43 lintas Depok-Bogor-Sukabumi juga dinyatakan aman dan pukul 00.44 KA diijinkan untuk berjalan kembali.

Adapun, kereta yang sempat dihentikan perjalanannya dan alami kelambatan yaitu KA 16 Argo Muria relasi Gambir - Semarang Tawang Bang Jateng terlambat 40 menit. KA 82F Manahan tambahan Relasi Gambir - Yogyakarta terlambat 18 menit.

Lalu, KA 248 Progo Relasi Pasar Senen -Lempuyangan terlambat 20 menit. KA 258 Tawang Jaya relasi Pasar Senen - Semarang Tawang Bank Jateng terlambat 19 menit. KA 233 Matarmaja relasi Malang-Pasarsenen terlambat 20 menit.

Dia memastikan, sudah tidak ada gangguan terhadap perjalanan KA yang sempat diperintahkan untuk berhenti sementara itu.

Kami atas nama KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya perjalanan KA tersebut, karena dengan diberhentikan 4 KA mengalami kelambatan, hal tersebut dilakukan guna antisipasi keselamatan para penumpang, " kata dia.

Topik Menarik