Tampak Bugar, Paus Fransiskus Pimpin Misa Jelang Paskah

Tampak Bugar, Paus Fransiskus Pimpin Misa Jelang Paskah

Terkini | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 20:46
share

VATICAN CITY, iNews.id - Paus Fransiskus akan memimpin serangkaian perayaan Paskah yang dimulai Kamis (28/3/2024). Pemimpin gereja Katolik Roma itu tampak sehat setelah sempat menjalani perawatan di rumah sakit belum lama ini.

Dia sempat membatalkan beberapa ceramah akibat kelelahan setelah menderita serangan bronkitis dan flu. Meski demikian Paus sudah tampak bugar saat membacakan homili panjang pada Misa Krisma Kamis Putih di Basilika Santo Petrus.

Dalam ceramahnya Paus mendesak para imam Katolik untuk berbelas kasih, mengakui jika mereka tersesat dari jalan kesucian, serta menghindari sikap bermuka dua, tidak jujur, dan munafik.

Selama misa, pria 87 tahun juga memperbarui sumpahnya bersama ribuan imam Katolik di basilika serta memberkati minyak yang akan digunakan dalam sakramen gereja.

Sementara itu pada Kamis sore, Paus Fransiskus dijadwalkan memimpin ritual cuci kaki di penjara perempuan Roma.

Paus Fransiskus adalah Paus pertama yang mengadakan upacara cuci kaki di luar gereja, biasanya dilakukan di penjara atau panti jompo. Itu merupakan tradisi yang sudah dijalankannya sejak menjadi uskup agung Buenos Aires, Argentina.

Dia juga menjadi Paus pertama yang mengikutsertakan perempuan serta kalangan non-Kristen dalam ibadah tersebut.

Sementara itu pada Jumat Agung, Paus Fransiskus akan memimpin misa di Basilika Santo Petrus, kemudian menghadiri prosesi Jalan Salib di Colosseum Roma.

Dia akan memimpin kebaktian Malam Paskah pada Sabtu, disusul keesokan hari membacakan pesan tahunan Urbi et Orbi dari balkon tengah Gereja Santo Petrus.

Topik Menarik