15 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Bikin Penasaran, Salah Satunya Ada Mandau!

15 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Bikin Penasaran, Salah Satunya Ada Mandau!

Travel | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak oleh-oleh khas Balikpapan yang bisa Anda bawa pulang untuk diberikan kepada keluarga. 

Perlu diketahui Balikpapan mendapat julukan 'Kota Minyak' karena identik dengan industri perminyakan. Namun, sejak hadirnya Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur, kota ini mendapat julukan baru yakni Kota Penyangga Ibu Kota Nusantara.

Ketika memilih untuk liburan ke Balikpapan, jangan lewatkan untuk membawa pulang oleh-oleh untuk diberikan kepada anggota keluarga. Penasaran, apa saja oleh-oleh khas Balikpapan yang bisa dibawa pulang? Berikut ulasannya dirangkum pada Kamis (28/3/2024).

Oleh-Oleh Khas Balikpapan

1. Kerupuk Kemplang

Oleh-oleh pertama yang bisa dibawa pulang adalah kerupuk kemplang. Kerupuk khas Balikpapan ini terbuat dari ikan tenggiri yang diasinkan dan dikeringkan. Memiliki rasa gurih dan renyah yang nikmat.

2. Dodol

Permen khas ini terbuat dari ketan atau beras, gula, dan santan. Memiliki tekstur kenyal dan rasa manis yang lezat.

3. Tape Ketan

Camilan fermentasi dari ketan yang memiliki rasa manis dan sedikit asam. Teksturnya lembut dan cocok dinikmati bersama teh atau kopi.

4. Nanas Goreng

Potongan nanas yang dipotong tipis, digoreng, dan dicampur dengan gula. Memiliki rasa manis dan sedikit asam yang menyegarkan.

5. Kue Kering Sarang Semut

Kue kering berbentuk bundar dengan tekstur renyah dan cita rasa manis yang khas.

6. Keripik Pisang

Keripik pisang yang digoreng hingga renyah dan gurih. Cocok sebagai camilan ringan saat bersantai.

7. Bakpia Balikpapan

Tidak hanya Yogyakarta yang punya bakpia. Jika singgah ke Balikpapan, Anda wajib mencicipi kuliner populer ini. Cara pembuatan dan bahannya sama, namun bakpia Balikpapan memiliki rasa legit dan khas. Teksturnya lembut membuat banyak wisatawan memburu kuliner satu ini. Anda bisa menjumpai bakpia di pasar-pasar tradisional dalam bentuk kemasan atau satuan dengan harga yang murah.

8. Songket

Bagi penggemar kain songket, wajib membeli untuk oleh-oleh. Songket Balikpapan menjadi favorit wisatawan lokal maupun luar negeri. Dikenal memiliki warna cerah dan cukup mencolok. Di Balikpapan, ada cukup banyak toko yang menjual songket. Jika tertarik membeli songket Balikpapan untuk oleh-oleh, sebaiknya Anda membeli di Pasar Inpres di daerah Kebun Sayur Balikpapan. Harga yang dibanderol lebih murah.

9. Batu Mulia

Batu mulia merupakan salah satu oleh-oleh yang unik untuk dibawa pulang. Ya, Balikpapan dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang kaya akan batu mulia. Maka itu, jangan heran jika Anda menemukan banyak sekali penjual batu mulia di Balikpapan. Di Balikpapan, jenis batu mulia yang biasa dijual adalah batu alami dan batu amsak. Batu alami terbentuk oleh alam sehingga bersifat natural, sedangkan batu amsak dibuat menggunakan campuran beberapa bahan untuk memberikan tampilan yang lebih elegan. Harga batu mulia cukup beragam, tergantung pada jenis dan juga ukuran.

10. Batik Balikpapan

Sebagai salah satu produk budaya yang populer, batik bisa ditemukan di hampir seluruh daerah di Indonesia. Menariknya, setiap daerah memiliki corak batik yang berbeda sesuai ciri khas masing-masing. Hal ini juga dimiliki oleh batik khas Balikpapan. Anda bisa membelinya sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan.

Umumnya, batik Balikpapan memiliki motif yang merepresentasikan ikon kota seperti beruang madu ataupun pohon mangrove. Jika ingin mencari lebih banyak variasi, biasanya toko-toko kain batik juga menjual batik dengan motif khas Kalimantan Timur seperti kepiting, cumi-cumi, serta Mandau, senjata suku Dayak.

11. Suvenir Suku Dayak

Bagi yang mencari suvenir untuk oleh-oleh dari Balikpapan, Anda bisa membeli suvenir suku Dayak. Salah satunya adalah mandau, alat yang kerap dijadikan alat untuk perang. Selain itu, kepemilikan mandau dahulu juga sering dikaitkan dengan status sosial yang tinggi. Selain Mandau, beberapa suvenir suku Dayak lain yang juga cukup menarik untuk dijadikan oleh-oleh adalah gantungan kunci, kaus, gelang akar, hingga miniatur rumah Dayak.

12. Mantau

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Tiongkok untuk menikmati mantau. Di Balikpapan, ada mantau yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk menghidangkannya, mantau perlu dikukus terlebih dahulu sebelum digoreng. Mantau tak jauh berbeda dari roti pada umumnya. Bedanya, mantau khas Balikpapan disajikan dengan saus berisi daging.

13. Peyek Kepiting

Biasanya peyek dibuat dengan kacang atau ikan teri. Di Balikpapan memiliki kekayaan laut yang cukup melimpah, peyek di sini justru menggunakan topping kepiting. Tak hanya renyah, peyek kepiting khas Balikpapan juga memiliki cita rasa yang unik dan gurih. 

14. Bingka Kentang

Selama ini, bingka dikenal sebagai salah satu kuliner khas Kota Medan. Di Balikpapan, Anda bisa menikmati kelezatan bingka kentang. Bentuknya cukup unik, menyerupai mahkota bunga.

15. Kaos Balikpapan

Kaos memang menjadi salah satu incaran wisatawan ketika berkunjung ke suatu tempat. Seperti oleh-oleh khas Bali kaos Joger atau kaos Dagadu yang ada di Jogja. Begitu juga dengan Balikpapan, ada berbagai kaos menarik yang bisa Anda bawa pulang. Kaos Balikpapan bisa menjadi pilihan oleh-oleh.

Itulah oleh-oleh khas Balikpapan yang wajib dibeli saat liburan. Anda bisa membeli makanan hingga suvenir yang unik. Semua oleh-oleh ini merupakan bagian dari kekayaan Balikpapan yang patut dicoba dan dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Selamat mencoba!

Topik Menarik